Fakta BTS Update Mei 2018 (27/05/18)


Waktu itu Big Hit ngasih peraturan baru kalau saat fansign, fans dilarang membawa kamera & ngevideo sesi fansign. Tapi sekarang, kayaknya Big Hit ngerubah peraturan lagi karena banyak banget foto preview BTS pas Aladin fansign. Mungkin bedanya, sekarang fans nggak bisa ngasih bando-bando gitu ke BTS, dan saat meminta tanda tangan BTS, ARMY nggak perlu berlutut(?) lagi tapi berdiri karena mejanya dibuat tinggi. 

Nah, ini beberapa fakta yang kurangkum dari twitter & IG. 


1. Fansite-nya Jungkook, @ONANDOFF_JK tanya apa lirik favorit JK di Magic Shop, JK jawab, “You gave me the best of me, so you’ll give you the best of you.”

2. Ada rumor yang mengatakan kalau BTS dimaki oleh ARMY saat naik elevator sebelum fansign dimulai. Tapi itu tidak benar. ARMY justru memaki satu sama lain sehingga BTS terlihat tidak senang akan hal itu. 

3. RM bilang, Suga lupa password ruang kerjanya sepulang dari luar negeri sehingga Suga tidak bisa masuk ruang kerjanya selama 4 hari. Jimin menambahi kalau dia ngeliat Suga marah-marah di depan pintu ruang kerjanya sendiri. 

Baca juga: Lirik Lagu BTS - Fake Love [Terjemahan Indonesia]

4. Fans: “Kenapa V menjadi member rahasia terakhir (di BTS)?”
RM & JM: “Kenapa itu? Taehyung-ssi?”
V: “Kalian harus tanya sendiri ke Bang PD-nim.”
JM: “Taehyung sebenernya ingin sekali bergabung secepat mungkin.”

5. JK: “Seseorang bilang suaraku makin deep. Apakah itu sesuatu yang bagus? Sekarang bisakah aku bicara seperti yang di radio-radio? Good night~”

6. Seorang ARMY kecil dateng ke fansign. Dia sampai bawa tempat duduk kecil untuk pijakannya (karena meja fansign sangat tinggi). V dan JK ngeliat itu dan mereka senyum. 

7. Kemarin, album LY: Tear memuncari chart Billboard 200, sehingga membuat BTS sebagai artis Korea pertama yang memuncari chart ini. 

8. KBS 1 news: “Album resmi ketiga grup BTS memuncaki chart musik utama Billboard. Ini adalah yang pertama kali bagi penyanyi Korea dan dalam sejarah Billboard, ini adalah pertama kalinya album genre musik dunia memenangkan tempat pertama. Reporter Kim Sooyoung melaporkan. 

Album resmi ketiga BTS telah memuncaki chart utama Billboard. Ini adalah pertama kalinya penyanyi Korea memenangi tempat pertama. Billboard 200 didasari terhadap jumlah penjualan album & track, jumlah streaming, dll ini adalah sebuah chart yang membedakan track dan album paling populer di US. Sudah 12 tahun sejak album asing (non US) terdata di Billboard 200. Juga ini adalah pertama kalinya bagi chart genre album musik dunia untuk menang chart Billboard 200. BTS sudah membuat rekor terbaik sebagai penyanyi Korea yang memasuki Billboard 200 dengan album terakhir mereka yang dirilis di bulan September tahun kemarin. Sebagai respon dari perwujudan bahwa BTS memasuki Top 10 BB 200 untuk dua tahun berturut-turut, Billboard berkomentar, “Pekan ini sangat baik untuk BTS tapi juga untuk K-pop secara menyeluruh.” Album baru BTS telah dirilis pada 18 Mei dan terdata sebagai no. #1 di chart album iTunes lebih dari 65 negara di dunia. Mereka juga membuat rekor terbesar sebagai penyanyi Korea dengan memasuki #8 di chart resmi UK. MV mereka telah melampaui 100M views dalam 9 hari sejak perilisannya dan menghancurkan rekor mereka sendiri.”

Baca juga: Lirik Lagu BTS - Outro: Tear [Terjemahan Indonesia]

9. “BTS memuncaki chart di BB 200. Ini adalah sebuah rekor penting yang membuat sejarah bahwa mereka terdata di nomor #1 yang mana bahkan tidak bisa kami bayangkan. Bagaimanapun, aku tidak bisa mulai memberitahumu simbolismenya bagaimana BTS membuat gelombang besar yang bahkan industri musik mainstream US tidak dapat mengabaikan. Ini mungkin belum semua dan kita aman untuk membayangkan hasil yang lebih besar.” –Kim Youngdae

10. “Karena kami telah melihat keringat dan usaha kalian, berita ini lebih menggembirakan. Selamat yang besar untuk BTS dan selamat yang besar untuk ARMY juga.” --@M2MPD

11. “BTS menjual lebih dari 135ribu kopi, 26ribu download, 9ribu streaming & memulai di #1 sebagai penyanyi Korea pertama di BB 200.” –Kmedia

12. JK: “Saat foto diambil, bukankah wajah kami jadi terlihat lebar dan besar?”
RM: “Kau tahu low angle kan?”
JK: “Ya, low angle.”
ARMYs: “Fotonya akan keluar dengan baik.”
RM: “Mereka akan mengurusnya. Jangan khawatir.”
V: “Ngomong-ngomong, seorang anak kecil yang begitu imut datang dan disini (nunjuk depan meja) dia bilang, ‘bisakah aku minta tandatanganmu?’”
RM: “Kau benar, saat teman-teman itu (ARMYs kecil) datang, kami tidak bisa melihat mereka dengan baik.”
JK: “Tapi karena ada banyak ARMY bertangan emas (maksudnya pinter editing, photoshop dll) setela mereka mengambil foto dan mengeditnya, ia akan tetap bagus. Aku akan menantinya.”

13. Ada kejadian yang tidak mengenakkan saat BTS comeback di MBC. 60 cewek yang memakai kekuasaan dan uang, memaksa masuk ke restroom BTS untuk minta tanda tangan. Mereka bahkan menempati posisi depan saat BTS tampil di MBC sehingga membuat ARMYs harus mengalah dengan berdiri di belakang. 60 cewek itu bukan ARMY, bahkan pihak MBC memberi mereka ARMY Bomb biar keliatan seolah-olah ARMY. 

14. Bang Si Hyuk saat diinterview di The Good Insight. 
Q: “Apa yang berbeda dari BTS?” 
Bang PD: “Well, kau menanyakanku pertanyaan yang sangat sulit.  Guna menjawabmu, aku ingin menceritakanmu sebuah kisah saat aku pertama kali bertemu dengan para member BTS. (Memperlihatkan foto-foto predebut BTS) Ya, aku tertawa juga saat aku melihat foto-foto ini selama rehearsal (latihan) pagi ini. Momennya masih terasa sangat gamblang dalam kepalaku saat aku pertama kali mendengar lagu RM. Kedalaman intelegensinya dalam membicarakan tentang tema, pemakaian kata-kata yang fasih dalam bahasa dan metode kreatif dari bagaimana dia menafsirkan rap ke dalam bahasa Korea. Semua ini sama sekali luar biasa datang dari seorang laki-laki berusia 17 tahun dan aku ingat bilang ke Pdogg yang pertama kali menunjukkanku potongan (video) RM, kalau kami perlu segera mengadakan pertemuan dengan laki-laki ini. Aku perlu menjadi sedikit berhati-hati untuk tidak terlihat seperti orang bodoh di sini tapi aku pikir aku tidak bisa hanya mengabaikan seseorang dengan talenta sebanyak ini. Itu benar bahwa aku membangun sebuah perasaan seperti sebuah misi.

J-hope telah dikenal dengan kemampuan dance-nya di kota kelahirannya dan Jimin juga seorang anak yang luar biasa kepandaiannya yang memasuki performing arts school sebagai top student. Semua ketujuh member memiliki bakat dan kemampuan mereka masing-masing. Berdasarkan itu, aku pikir kami seharusnya membuat sesuatu yang sungguh menonjol. Itulah awal dari BTS. Aku berharap bahwa BTS dapat mengambil selangkah ke depan dari menjadi seorang yang hanya bintang yang bersinar paling terang di panggung. Aku ingin mereka berkomunikasi secara dekat dengan penggemar mereka seperti dari orang ke orang. Aku ingin mereka menjadi orang-orang yang mampu mengirim dan merubah pengaruh hangat di masyarakat, sebagai seorang artis dengan kepemimpinan yang tidak tegak lurus tapi parallel. 

Itulah mengapa saat kami mulai membuat album pertama dengan BTS, di sana sungguh hanya satu hal yang kuminta pada mereka. Aku memberitahu mereka bahwa musik BTS harus berdasarkan pada cerita dalam diri mereka sendiri. Di samping itu, aku tidak pernah memaksakan waktu latihan apa pun kepada para member tidak pula membatasi satu pun privasi mereka. Kami memberi mereka semua kebebasan dan memastikan supaya semua member mampu bergabung dan berpartisipasi dengan sukarela. Alasan mengapa lagu-lagu di awal BTS adalah tentang sekolah itu karena kebanyakan dari mereka masih murid muda. Sebagian orang bilang, “Mengapa mereka muncul dengan konsep ini sekarang dan membicarakan tentang menjadi murid yang menentang?” Sebagian bilang itu adalah konsep yang sudah ketinggalan zaman. 

Masih aku pikir, itu adalah yang paling penting bagi BTS untuk membicarakan tentang cerita mereka sendiri. Seperti sebuah kebohongan saja, kami melihat kalau kami mulai meraih lebih banyak penggemar dari sebagian poin. Banyak fans memberitahu kami kalau mereka juga bisa berelasi dengan kisah dari BTS. 

15. Saat JK nanya ARMY lagu lain apa di LY:Tear yang mereka suka selain Fake Love, ARMY kompak jawab Magic Shop. RM: “Otomatis huh?” (Maksudnya karena JK yang tanya, makanya ARMY kompakan jawab Magic Shop). Trus JK merekomendasikan So What, mikirnya lagu itu bakal jadi lagu yang enerjik untuk dinyanyikan di panggung. RM tanya, “kamu akan menyanyikannya untuk kami?”, JK: “Di panggung? Tentu saja. Dengan seluruh tenagaku!”

Baca juga: [Fakta BBMA 2018] Abs Jungkook BTS Dipilih Billboard Jadi Momen Terbaik di BBMA 2018

16. IG Pdogg: “Billboard 200 Chart NO1!!!!! Wow wow”

17. Dispatch HD photos from Fake Love MV Shooting. 


V: Rasanya seperti aku tidak dapat bernapas

Jin: Meleleh di senyummu

JM: Menunggu untuk ARMY
JK: Visual Art
Suga: Aura menarik yang mematikan

JH: All kill dengan tatapannya

RM: Kharisma dari seorang leader

18. Daripada menyebutnya sebagai Kpop’s glory, para kritisi musik Korea khususnya lebih fokus pada fakta kalau itu adalah pencapaian BTS. 

Mr. Im Jin Mo: “Daripada menyebutnya sebagai keagungan K-pop, itu disebabkan oleh usaha konsisten BTS yang membawa mereka sukses di pasar arus utama U.S. Ini lebih dari sebuah arti dan kita dapat melihat padanya sebagai sebuah pengakuan yang lebih dalam melihat BTS menang pada chart album daripada menang pada chart single.” 

Kim: “BTS telah melampaui batas itu untuk dikategorikan dalam K-pop. Jalan mereka selanjutnya sungguh penting untuk memperluas untuk masyarakat umum sebaik generasi lama.”

Kang Moon: “Media luar negeri telah memiliki stereotip berpikir K-pop mengkopi budaya barat dan dengan pandangan yang bersifat selalu mencela mereka, mereka tidak pernah sungguh menerima kreatifitas individual mereka. Bagaimanapun, BTS menghancurkan stereotip ini. Saat satu fenomena menarik, ia menjadi sebuah tren. Dengan pengaruh dari BTS, jika kita memiliki tim yang lebih banyak seperti mereka, K-pop mungkin bahkan tergabung dalam musik arus utama.”

Baca juga: [Profil Biodata dan Fakta Park Jimin BTS 2018] Member BTS yang Mendapat Ancaman Penembakan di Fort Worth Convention Center....

19. Respon BTS setelah mendengar LY: Tear memuncaki BB 200
RM: “Aku punya banyak hal untuk dikatakan, tapi setelah mendengar terdata #1 di berita BB 200, aku tidak dapat merasakan realita darinya. Aku akan senang dan merayakannya dengan member kami ari ini dan mulai besok, aku akan kembali membuat album & musik kami. Aku ingin mengirim kata-kata terima kasihku pada semua ARMY di seluruh dunia. I love you dan kami akan menjadi BTS yang lebih baik.”

Jin: “Terima kasih pada semua yang telah mendengarkan musik kami. Kami mampu mengerjakan musik kami, dan menerima #1 di BB200 semua karena ARMYs serta karena kalian semua mengkontribusikan kekuatan kalian. Ini adalah sebuah kehormatan untuk menang posisi #1 dengan album berbahasa Korea dan aku harap bahwa lebih banyak orang akan mengembangkan ketertarikan tidak hanya BTS tapi juga budaya Korea.”

Suga: “Kami telah mengatakan kalau kami ingin menjadi #1 di BB 200 dan ia sungguhan terjadi. Sungguh sebuah kehormatan. Pertama-tama, kami dengan sungguh-sungguh berterima kasih pada ARMYs. Kami akan membayarnya kembali dengan musik yang lebih luar biasa yang cocok dengan di mana kami sekarang.”

J-Hope: “Kami bangga untuk menang #1 di chart utama BB 200 ini yang mana hanya kami mimpikan. Kami takjub bahwa album kami di atas sana bersama-sama dengan album-album para artis terkenal dunia lainnya. Aku dengan sungguh-sungguh berterima kasih pada semua fans kami untuk membuat posisi #1 ini untuk kami. Aku ingin menikmati berita menyenangkan ini dengan member kami yang telah bekerja keras.”

Jimin: “Ada banyak hal-hal tak terduga yang terjadi pada kami secara berturut-turut. Aku tidak bisa percaya bahwa kami mampu memiliki panggung comeback di BBMA. Aku terkejut dan takjub memenangkan #1 di BB200. Lebih dari apa pun, aku berterima kasih pada fans kami yang menyoraki kami dan mencintai kami. Aku juga ingin mengekspresikan rasa terima kasihku pada member kami yang bekerja keras sampai sekarang.”

V: “Semua ini karena ARMYS yang membuat kami mampu memakai sayap kami dan meraih #1 di BB200. Kami tidak bisa memprediksikan sejauh apa mereka akan membuat kami terbang. Sungguh terima kasih dan kami akan menjadi BTS yang dibanggakan oleh ARMYs.”

Jungkook: “Ini lebih berarti karena kami mampu terdata di posisi #1 di BB200 dengan album resmi kami. Kabar baik seperti menerima penghargaan BBMA, dan membuatnya berada di chart BB membuat kami merasa tertekan, bagaimanapun kami tidak akan meragukannya. Kami akan tetap bekerja keras dan dan akan berjalan menuju mimpi yang lebih besar kami.”

20. Son Sung Deuk, Pdogg, Supreme Boi, Sutradara Lumpens & Slow Rabbit posting di IG mereka tentang BTS. Termasuk presiden Korea memberi selamat pada pencapaian BTS di BB200. 

21. Swiss Single Chart: #41 BTS – Fake Love (NEW) @btschartdata

22. Top 5 Artis yang paling banyak ditonton di Youtube Dunia 2018: #4 BTS: 1.602.925.785 @Jin_Butterfly 

23. Maknae line menempati 3 teratas di Hi China rangking. #1 Jungkook, #2 V, #3 Jimin. @firstsight_jk

24. LY:Tear telah mencapai 100juta stream di Spotify @chartdata

25. Setelah Bang PD mendengar Singularity, dia bertepuk tangan. RM menyelesaikan liriknya dalam 3 jam tanpa editing. Bang PD menegaskan kalau lagu itu akan terdengar lebih baik semakin banyak kamu mendengarnya. Dan hanya Taehyung yang bisa menyanyikannya. @agirlinthepark


Cr: @vanillahobie (IG), @glitter_jk (twt)