Fakta BTS Update Juni 2018 [23/6/18]


I’m in a good mood now. So, let me update something about our boys.

Terjemahan manual guide-nya pending dulu. Masih ada tugas editing yang harus kuselesaikan cepet. So, sebagai pengisi waktu luang, nih kukasih beberapa fakta BTS yang kurangkum sampai tanggal 23 Juni. Kalau toh aku nggak posting tanggal 23, pokoknya masih jangkauan Juni lah. 


Sebelum itu, follow ya akun IG @yoongicrush93_ untuk info-info BTS setiap hari. 

Semua fakta di sini kuterjemahkan dari Inggris ke Indonesia. Copas? Bakal kelihatan, soalnya terjemahanku berantakan haha. Apalagi aku sering menemukan orang-orang yang copas itu nggak diedit sama sekali, yang ada isinya cuap-cuap aja ikut di copas. Yakinlah, itu hanya akan menyesatkan ARMY baru aja, apalagi kalo ngga di copas sekalian gambar-gambarnya wkwkwk. 

Bikin konten kalian sendiri, Bung!

baca juga: [Terjemahan] BTS Manual Guide RM by J-hope BTS Festa 2018

[trans fr @choi_bts2]
1. Pertanyaan di acara kuis SMA yang ditayangkan EBS: “7boyband, BTS yang baru saja comeback dengan Fake Love bulan kemarin memenangkan TSA selama dua tahun berturut-turut untuk pertama kalinya sebagai artis Asia pada acara penghargaan ini, acara penghargaan apakah itu?”
#1 Grammy
#2 Billboard
#3 World Music
#4 AMAs
Jawabannya yang mana nih? 

2. [Fakta BTS x Lotte Family Concert] RM: “Atmosfernya panas.” | JK: “Sepanas rambutku.”

3. [Fakta BTS x Lotte Family Concert] Warna rambut BTS terbaru: Jin blonde, RM brown, Suga hitam, J-hope hitam, Jimin brown, Taehyung peach/blonde, Jungkook pinkish red



4. [Fakta BTS x Lotte Family Concert] BTS perform paling akhir menampilkan Fake Love, Anpanman, Airplane pt 2, Fire, Mic Drop dan Spring Day

5. [Fakta BTS x Lotte Family Concert] Ada kesalahan lucu saat BTS perform Airplane pt 2. RM lupa membawa standing mic ke atas panggung sehingga Suga yang harusnya megang standing mic sama Jimin pas part-nya J-hope ketawa dan terpaksa tetep nari tanpa megang standing mic. RM sendiri lari meninggalkan panggung sejenak sebelum part J-hope, mungkin untuk bilang ke staf kalau mereka butu satu standing mic lagi. 

6. [Fakta BTS x Lotte Family Concert] RM hampir jatuh sewaktu naik kursi pas perform Airplane pt 2

7. BTS telah tercatat di buku musik SMA Korea. Pada tonggak sejarah K-pop dan Hallyu, BTS menjadi pahlawan dari Hallyu menandakan sejarah yang terakhir di mana mereka memenangkan TSA pada Billboard 2017 untuk pertama kalinya sebagai artis korea. (gambar bisa dilihat di akun IG @yoongicrush93_)

baca juga: [Terjemahan] BTS Manual Guide J-hope by Jungkook BTS Festa 2018

8. BTS menempati posisi pertama berdasarkan survei yang melibatkan 35 eksekutif dari 35 perusahaan entertain teratas Korea sebagai orang-orang yang dapat menggerakkan industry musik Korea. Bang Si Hyuk sendiri menempati posisi ketiga. 

9. Pada 22 Juni, ARMY dan fandom Beyonce bekerja sama untuk saling streaming lagu masing-masing. Mereka mempopulerkan tagar #ArmyHiveStreamingParty yang sempat menjadi tren worldwide di Twitter. 

10. Pada 22 Juni, MBC enews memberitakan tentang streaming party yang dilakukan ARMY dan Beyhive. 



11. Kim Taehyung dan Kim Seokjin telah ditetapkan menjadi nominasi dalam The 100 Most Handsome Faces of 2018. Kalian bisa mengusulkan member lain di kolom komentar channel YouTube TCCandler

12. Ock Joo-hyun, salah seorang member dari girlgrup tahun 90-an Fin.K.L memposting di instagramnya kalau dia sedang latihan Fake Love. 

13. Variety, salah satu media di US, memilih 23 pemimpin musik internasional di mana untuk Korea, terpilih Lee Soo Man sebagai agensi terbesar di Korea dan Bang Si Hyuk yang membentuk BTS. Variety menyebutkan, “BTS bersatu padu sebagai artis K-pop yang juga kekuatan pop global.”

baca juga: [Terjemahan] BTS Manual Guide Jungkook by V BTS Festa 2018

14. K-media menyebutkan bahwa akhirnya KB Kookmin Bank akan merilis kartu cek BTS sebagai gambar lampiran pada 21 Juni di Korea, juga akan ada finansial item semacam ‘tabungan cicilan BTS’, di mana kamu akan dapat suku bunga spesial pada setiap hari ulang tahun member dan anniversary BTS. 

15. Ingat jalanan yang dijadikan tempat syuting MV Young Forever? K-media menyebutkan kalau sebuah kota di Korea, Kota JeCheon menghubungkan MV Young Forever di website kota mereka. Sebagai bentuk terima kasih karena BTS telah mempromosikan kota tersebut. Tempat itu adalah bandara lama yang sudah nggak kepake (tapi sekarang dijadikan taman), yang jadi terkenal gara-gara BTS. 

baca juga: [Terjemahan] BTS Manual Guide V by Suga BTS Festa 2018

16. Ji Seokjin Running Man, saat tampil di RadioStar MBC, mengatakan kalau dia dan Jin BTS sering berkirim pesan teks. Ji Seokjin memperlihatkan pesan yang dikirimkan Jin ke dia, tentang Jin yang nggak bisa tampil di Running Man lalu mengirimkan pesan permohonan maaf.

17. Menjelaskan pengalamannya mengerjakan “Love Maze”, Yoon Guitar mengatakan, “Aku memperhatikan seksama terhadap respon fans. Aku bahkan mencari online untuk melihat lirik BTS mana yang disukai. Aku senang melihat fans mereka berdiskusi musik secara aktif. Tentu saja elemen visual grup dan kemampuan vocal, dance serta tampilan para member itu penting, tapi aku paling terkesan oleh bagaimana fans terlibat dengan musik mereka—mereka menganalisa lagu-lagu para member serta MV, dan mereka bahkan mendengarkan lagu-lagu (dari artis lain) yang direkomendasikan para member.”

Yoon Guitar menambahkan, “Aku tidak mengira para member melakukan hal-hal sejenis ini karena agensi mereka yang menyuruh. Dan tindakan seperti ini adalah lebih banyak tipikal dari musisi indie. Melihat semua ini, aku pikir, ‘Wow, BTS sangat banyak berkomunikasi dengan fans mereka meskipun mereka terkenal,’ dan aku dipaksa untuk refleksi diri.”

[Trans fr @glitter_jk]
18. Charlie Puth nge-like postingan Apple Music di mana Jungkook menyanyikan “The Way I am”. 



19. Jungkook preview at Lotte Family Concert
















20. V preview at Lotte Family Concert



21. #redhair, menjadi tren nomor 3 di Korsel karena Jungkook



[Trans fr @seouljmn]
22. “Sesuatu yang mengejutkan terjadi padaku,” kata Iwahori di instagram di mana ditunjukkan kalau dia sedang pergi ke konser BTS di Kyocera Dome. Iwahori tampak sangat bahagia saat dia berdiri di antara jumlah besar fans yang mengelilingi Dome. “Eh, Seri-chan datang jauh-jauh ke Kyocera?”, “Oh, kau datang ke Osaka?”, banyak komentar mengatakan pada Iwahori, selayaknya fans BTS yang terkejut melihat Iwahori datang ke Kyocera. “Seri-chan, kau datang juga kemarin ‘kan?” kata komentar lain, dan meski kita tidak tahu bahwa itu benar, itu mungkin saja bagi Iwahori. 

BTS memiliki 7 member, tapi favoritnya Iwahori adalah Jimin. Jimin bertanggung jawab pada vokal dan dance, dan dia sangat pekerja keras. “Temanku datang dari LA dan membawakanku Jimin-chan” kata instagramnnya, di mana dia memposting foto Jimin dengan pipi merah dan ekspresi unyu. “Aku suka Jimin juga”, “Jimin sangat imut”, kata banyak komentar; Jimin sangat populer. Iwahori minum dan makan sambil menatap Jimin. Itu adalah saat yang sangat menyenangkan bagi ibu yang kelelahan!

[Trans fr @jjktalents] 
23. TV show Taiwan ‘Showbiz’ memposting tentang reaksi staf mereka terhadap Jungkook saat mengedit filmnya (Comeback Show). “Ini tidak adil, bagaimana bisa ada seseorang yang bisa menari, menari, bahkan mengedit clips dan sangat tampan”, “Dia benar-benar bagus dalam menulis caption, sungguh berbakat.”

Trans Eng => Indo by Najla Al-faiq