Fakta BTS Update Agustus 2017 (part 2) [28/08/17]


[19/08/17]
1. Lagu Suran “Wine” yang diproduseri oleh Suga terdengar di drama School 2017 episode 10. Lagu itu dimainkan di cafĂ© CoffeeBay tempat di mana tokoh Bora bekerja. 

2. Episode 8 Bon Voyage S2, BTS diminta menulis surat untuk member lain. Jimin => J-Hope => Suga => Jin => Jungkook => Rap Monster => V => Jimin

3. Jungkook ingin mengintip isi surat V, tapi sama V ngga dibolehin dan anak ini diusir dari kamar & kamarnya dikunci. 

4. V sama J-Hope nulis suratnya di kamar

5. Suga, Jimin, Jungkook dan Jin nulis suratnya di meja yang sama. 

6. V mencoba mengendarai kapal yang disewa BTS. Sama kapten, V disuruh bilang ke Rap Monster kalo nanti Rap Monster bakal kecipratan air. Tapi V nggak paham maksudnya, jadi dia ngga ngomong ke RM. 

7. J-hope takut mabuk laut lagi, trus sama RM dia disuruh duduk-duduk di luar. 

8. Jin dan J-hope melakukan adegan ulang Titanic di kapal itu. 

9. Jungkook pingin dengerin lagu, tapi ngga bisa karena dia ngga punya earphone (padahal kamu kaya loh mas :3)

10. Pas Suga mau bacain surat buat Jin, member pada ngga percaya kalo Suga bakal nulis surat ke Jin. Jin sendiri juga ngga percaya.

11. Setelah mendengar surat dari Suga, Jin bilang kalau dia ngga tahu jika Suga mempunyai pemikiran yang seperti itu padanya. Soalnya Jin jarang bicara terlalu serius sama Suga. 

12. Surat Jin ke Jungkook, setelah dibaca, Suga menyadari kalau Jin berusaha untuk nggak terlihat “cheesy”. Di suratnya, Jin bilang dia selalu mengapresiasi apa pun yang dilakukan JK. Dia juga menyinggung soal tinju JK yang kuat banget ke dia. Jin akan ngasih masker wajah ke Jungkook setelah pulang dari Hawaii, soalnya wajahnya Jungkook jadi tan pas di sana. Dia meminta JK untuk ngga selfi di tempat tidurnya lagi pas dia ngga ada di kamar. Tapi setelah surat selesai dibaca, dia malah bilang kalau dia suka foto selfi JK di tempat tidurnya, jadi dia nyuruh JK tetep ngelakuin itu.

13. Jungkook => RM. Di suratnya, Jungkook bilang kalau dia itu sering terinspirasi dari RM. Jadi RM ini seperti panutannya gitu. Dia juga meminta RM untuk tetep membahas soal musik & bahasa inggris ke dia.  “Aku akan tetap mengikutimu dari belakang, kau adalah orang yang sangat luar biasa”. Setelah itu, Jungkook kayak mau nangis gitu, tapi ditahan sama dia. Reaksinya RM “Ini adalah momen paling menyentuh di tahun 2017”. Jimin bilang kalau JK ngga pernah bilang kayak gitu sebelumnya. Trus member yang lain pada godain gitu, tapi dia pura-pura ngga denger. 

14. J-hope menyadari jika seharian itu Jin terlihat lebih kalem dari biasanya. 

15. RM bilang kalau dia itu sebenernya envi gitu ke JK. Soalnya JK selalu bagus & bergairah gitu kalo ngelakuin sesuatu, Golden bener lah. Ngeliat JK yang selalu berkompetisi dengan dirinya sendiri membuat RM dan member lain jadi ikut ingin melakuin sesuatu dengan lebih baik. 

16. Pas bagiannya Taehyung, Jimin kayak malu-malu gimana gitu. Apalagi member lainnya pada godain soalnya kan mereka temen seumuran, paling klop lagi. 

17. Suga bilang kalau Jimin mesti ngomongin soal Taehyung, tapi Taehyung ke Jimin jarang banget. Jadi mereka kayak menaruh ekspektasi gitu dari surat Taehyung ini. Soalnya Suga ngga pernah liat Taehyung ngomong dengan serius.

18. Belum baca suratnya aja Taehyung udah nervous duluan. Keliatan banget dia gugupnya sejak Suga baca surat untuk Jin.

19. Di surat untuk Jimin, Taehyung menceritakan pertemuannya dengan Jimin pas pertama kali dateng ke Seoul. Bangun tidur, pake seragam, pergi ke sekolah, makan bersama, pergi latihan & balik ke dorm, lalu ngobrol pas malem. Taehyung pernah ikut rapat agensi, dia ditanyain “Gimana kalo Jimin masuk tim?” trus Taehyung jawab kalo Jimin adalah orang yang selalu bareng dia suka & duka, satu-satunya orang yang tertawa dan menangis bersama, dan dia bilang kalau dia akan seneng kalo temen baiknya bisa satu tim bareng dia. 

20. “Saat aku di toilet untuk menangis, kamu tetap menangis bersamaku. Dan kamu datang menemuiku di pagi hari untuk tertawa bersamaku. Kamu peduli padaku dan memikirkanku. Kau bekerja keras untukku dan mengerti (diriku). Kau mendengar masalahku dan menyukaiku meskipun aku punya kekurangan.” Taehyung ke Jimin. 

21. Setelah baca suratnya, Taehyung nangis.

22. Jimin bilang kalau dia itu belajar dari Taehyung. Taehyung bisa membuat perasaannya jadi baik & sering membuatnya tersentuh. Dia bilang dia itu sangat bersyukur punya temen macem Taehyung. 

23. Suga bilang kalau dia iri sama 94L & 95L, soalnya dia ngga punya temen seumuran di Bangtan. Dia juga ingin ngerasain gimana sih rasanya punya temen satu tim itu. Soalnya 94L sama 95L keliatan deket banget. Trus dia menyinggung soal jarak usia dia sama Jin yang cuma 3 bulan.  Jin-nya sewot, “trus kenapa? Kamu mau mengurangi rasa hormat padaku? Lakukan saja!”, Yoongi-nya cuma ngakak setan. Trus Namjoon tiba-tiba nyahut, “Aku dan J-hope beda 7 bulan”. (btw, Yoongi sebenernya punya temen 93L, tapi bukan di BTS, melainkan member Monsta X Kihyun. Mereka mirip banget sumpah, kayak kembar.) 

24. RM => V. Hm … jadi, RM ini pake bahasa yang cukup puitis. RM bilang kalau dia inget pas pertama kali ketemu Taetae. Jadi V waktu itu datang ke dorm bareng bapaknya yang kata RM “dengan mata besar, kaki sibuk(?), dan bibir yang mengerut. Aku dalam sekali lihat menyadari bahwa kau ini bisa jadi seorang rascal/brandalan.” Kepribadian Taetae yg unik dan tingkahnya yang aneh seringkali bikin RM bingung. Trus setelah waktu berlalu, RM juga sadar kalau dia juga sama anehnya karena terbentuk dari keunikan Taetae. RM iri sama Taehyung karena bisa berteman dengan mudah & bisa membuat orang-orang suka sama dia. “Keanehanmu sebenarnya adalah pesona unikmu”. “Terima kasih karena tidak bermain basket & saxophone, dan datang pada kami untuk menggenapkan BTS”. 

25. Taehyung pernah ngomong gini sebelum debut, “Apakah aku bisa dicintai juga seperti orang-orang ini (member lain)?”. Tapi ngga disangkanya justru banyak yang bicarain soal Taehyung & secara natural Taehyung mengambil bagian terbesar dari BTS. 

26. Pas bagian J-hope, para member pada jejeritan soalnya surat itu ditujukan ke Suga & dibaca setelah giliran RM. J-hope mengungkit masa lalu pas mereka masih trainee. Dia yang pemalu lebih memilih di ruang tamu daripada di kamar, trus Suga dateng ngajak ngobrol dia. Di bagian ini, Suga pingin ketawa tapi ditahan (sumpah, geli banget liatnya wkwkwk, bromance dapet). “Datang dari Gwangju, kau seperti penyelamatku”. “Saat aku mabuk laut di Bon Voyage S2 dan membuka mata dari tidur, orang pertama yang kulihat adalah dirimu, meskipun Jimin juga ada di sana”. (Jimin kasiannya ngga dilirik :v). “Terima kasih karena menjadi member BTS, dan terima kasih untuk menjadi kakakku. Aku harap kau selalu di sisiku, Love you my brother”. 

27. “Alasan kenapa aku menyinggung soal dia yang membantuku saat sakit, dia itu selalu bilang ‘hey, aku bahkan membawamu ke rumah sakit’. Dia selalu mengatakannya selama 7 tahun ini.” Jhope ke Suga. 

28. “Tidak ada seseorang yang bisa mengalahkan Yoongi hyung untuk urusan memikirkan kita (BTS)” – Rap Monster.

29. Yoongi jongkok di depan TV cuma untuk nyuruh J-hope tidur di kamar. J-hope mengaku kalau dia itu selalu ngikutin Yoongi kemana-mana pas masih trainee dulu. Dia duduk di sebelah Yoongi pas Yoongi kerja. Dia jongkok sambil ngeliatin Yoongi bikin lagu. Katanya itu adalah sesuatu yang tidak bisa dia lupakan. Trus tiba-tiba Yoongi teriak. Member pada ketawa, trus J-hope ngga sengaja ngeliat pelangi. 

30. “Jangan bicarakan soal itu. aku sangat malu.” – Suga ke J-hope

31. “Seseorang bisa jadi keren karena kejujuran & kesetiaannya”. “Kau selalu peduli pada kami”. “Kamu perhatian pada kami dan bekerja keras, aku tahu.” – Jimin ke J-hope 

32. Suga bilang kalau harapan dia adalah Billboard. Waktu itu, karena masih bulan April dan BBMAs masih awal Juni, dia membuat winning speech andai bisa dapet penghargaan Top Social Artist Award. Kalau seandainya mereka ngga dapet, dia minta pihak staf untuk memotong part itu. BTS sendiri sebenernya ngga yakin kalau mereka bisa dapet penghargaan itu. 

33. RM berharap bisa membuka chapter baru dalam dunia K-pop. J-hope berharap BTS bisa mendapat Daesang lagi tahun ini. (RM nyaris terwujud, J-hope tunggu saja pekerjaan ARMY, serahkan pada ARMY wkwkwk). 

34. Jungkook berharap bisa memproduseri keseluruhan album. Jimin berharap semua member tetap bahagia. 

35. Mungkin pas mau balik ke darat, BTS ini iseng bikin diskotik kecil-kecilan :v DJ V ngeplay lagu Don’t Let Me Down, DJ Suga ngeplay lagu Save Me. Trus pas lagu Save Me mau chorus, Suga tiba-tiba ngomong “Saranghaeyo”.  

36. Di BV S2 entah eps 6 atau 7, ada kadal yang masuk ke kamar Jin & J-hope. J-hope sampe naik ke atas tempat tidur pas sama Jimin & Jin dicari. Tapi ngga ketemu, trus J-hope seolah ngga terima gitu, “pokoknya harus ketemu”. 

37. Jin memakai topi yang sama dengan di MV Save Me (Highlight Reel Video pt 4)

38. Di halte bus tempat di mana V sama ceweknya coret-coret pake cat semprot, tulisannya adalah “You think I’m fine”, trus pas dibalik, jadi “Will you save me?”(Highlight Reel Video)

[21/08/17]
39. Suga menjadi salah satu artis yang masuk dalam artikel “Idol dengan nama asli yang bagus” di Korsel. ARMY pada bilang terima kasih karena udah menyertakan Suga dalam artikel. 

40. ARMY Korea pada heboh gara-gara Suga yang gigit rokok di Love Yourself Highlight Reel video. Mereka bilang Suga “hot & cool” di video itu. Tapi beda sama I-ARMY yang menganggap kalo itu bukanlah hal keren. “Yang keren itu bukan rokoknya, tapi Suga-nya”.

41. BTS memenangkan penghargaan Best Artist di Kids Choice Awards Meksiko.

42. Baru-baru ini ARMY Korea terseret fanwar antara EXO-L & fans Wanna One. BTS terjebak rumor jelek karena fanwar itu dan ARMY Korea tidak bisa melakukan apa pun karena takut nama BTS makin jelek. ARMY Korea mencoba memberitahu I-ARMY soal itu lewat twitter, meminta I-ARMY untuk menolong mereka dengan tidak ikut-ikutan fanwar dengan fandom lain. 

[24/08/17]
43. Album baru BTS nanti akan berjudul “HER”. Tapi “Her” di sini tidak merujuk pada cewek. Kalo kalian liat aksara China di tulisan Highlight Reel Video waktu itu, “Her” berasal dari aksara china di video kedua, yang arti lainnya “The Undertaking (Development). Fans menganggap jika “Her” bukanlah satu-satunya album yang akan dirilis BTS nanti. 

44. Aksara China di nama album baru BTS nanti memiliki arti ‘eluciation, help & redemption’. Sementara jika “her” ditulis ke bahasa Korea => dibaca ‘heo’, akan memiliki arti ‘ilusi, falsity & kelemahan’. Juga dapat diartikan ‘untuk menerima, to bear & bertanggung jawab’. Jadi jika Her diartikan sebagai ilusi dan kelemahan, itu bisa jadi cewek-cewek di Highlight reel adalah ilusi yang mewakili kelemahan mereka. 

45. Sebenernya lagu “4 O’clock” itu bagian vokalnya hanya diisi V, tapi V minta RM buat ngisi vocal juga. Jadi RM ya oke-oke aja. 

46. V bilang kalau baris pertama lirik “4 O’clock” itu ditulis sama RM

47. RM bilang kalau lagu 4 O’clock itu dikerjakan berdua sama V. Jadi pembagiannya itu 50/50.

[28/08/17]
48. Suga pas nanyain cincin yang dibelikan dia buat RM di Dubai, kata RM “Sepertinya dia berada di suatu tempat di dunia ini, hyung.” (translate: hilang) 

49. Hadiah lampu meja yang dibelikan Jin juga, sama Jungkook ditinggal di Dubai ngga dibawa pulang. 

50. Jin bilang kalo hadiah yang dibelikan Jimin dari Dubai masih ada, Suga bilang kalau hadiah parfum dari J-hope masih dipake sampe sekarang. 

51. Karena uang yang didapet Suga 200 peso, dia cuma bisa beli kipas trus sisa uangnya dikasihkan ke member yang butuh duit tambahan. 

52. J-hope beli  dekorasi meja berbentuk orang, tapi pas dibuka di penginapan ternyata rusak. 

53. Totem (nggak tahu apa), yang dibeli Jin untuk mengusir hantu di kamar dia dan Suga, juga rusak. 

54. Jimin beli kalung mini dreamcacther bukan untuk dirinya sendiri, tapi untuk V. Karena malem sebelumnya V dateng ke kamarnya karena mimpi buruk tapi sama dia diusir. Jadi sebagai permintaan maaf dia beli itu untuk V. 

55. Jungkook beli kalung yang sama kayak Jimin. Katanya nggak bakal dipake jadi kalung, maunya digantung di kamarnya. Dia pingin bermimpi gitu pas tidur, jadi dia beli itu. Trus Suga nyahut, kalau dia juga gantung kalung dreamcacther kayak gitu di ruang kerjanya, tapi dia malah dapet mimpi buruk.

56. Jimin nyoba wakeboarding berkali-kali, sampe otot tangannya sakit. Dia bahkan ngga bisa ngancing baju sendiri gara-gara itu. 

57. Suga bilang kalau itu adalah pertama kalinya dia nyoba scuba diving. 

58. Hari terakhir di Coron (Filipina), pas nunggu makan malam, BTS main billyard. Yang paling pinter itu 95L, kalo Suga, dia mah cuma ngomong aja kerjaannya. 


59. Kim brothers (Seokjin, RM, dan Taehyung), berharap Summer Package tahun depan berlokasi di Korea. 


Sumber: Youtube, IG, FB, dll
Kalo mau copas, tolong sertakan credit.