Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat Saat Liburan Panjang

http://farm7.static.flickr.com/6212/6371952057_46b501f8eb.jpg
Liburan panjang adalah sesuatu yang sangat dinantikan oleh semua orang khususnya anak sekolah. Mengapa? Jawabannya simple, dengan libur panjang kita bisa melepas penat setelah melangsungkan kegiatan belajar mengajar yang padat dalam satu semester. Biasanya 2 minggu, 3 minggu, sebulan bahkan berbulan-bulan –khusus siswa SMA yang baru lulus.

Libur panjang selain untuk melepas penat, juga biasanya digunakan untuk rekreasi bersama keluarga dan teman. Tapi ada juga lho yang liburan hanya di rumah. Biasanya tipe-tipe yang begini adalah tipe tertutup atau emang lagi kanker (read: kantong kering). Ada juga yang harus bekerja.


Nah, karena liburan panjang, kebiasaan bangun pagi pun mulai berkurang. Kebanyakan orang akan bangun siang saat liburan meski tidak sedikit juga yang bangun lebih pagi dari biasanya. Contohnya saja aku, tidak ada hari libur tanpa bangun siang, hehe. Sebenarnya ditinjau dari segi kesehatan dan agama –khususnya islam- bangun siang itu adalah kebiasaan buruk. Kalau terlalu sering maka akan terjadi gangguan kesehatan.
Salah satu cara mengurangi kebiasaan buruk itu adalah dengan membiasakan diri untuk bangun pagi lagi. Memang susah sih. Mengubah suatu kebiasaan memang akan lebih sulit daripada mengerjakan 100 soal matematika. Biasa karena terbiasa. Untuk itu, lakukan dengan setahap demi setahap sampai akhirnya kita bisa terbiasa bangun pagi lagi.

Nah, aku mau share nih tips menjaga tubuh saat liburan panjang. Dimulai dari olahraga-olahraga ringan, dan kebiasaan kecil yang harus dijaga. Berikut di antaranya.

1. Sit Up

http://workoutlabs.com/wp-content/uploads/watermarked/Sit-up.png
Saat liburan, aku biasanya mengisi kekosongan hari dengan bekerja atau hanya sekadar memainkan laptop. Dua kegiatan itu biasanya dilakukan sambil duduk, kalau sudah betah pasti bisa berjam-jam. Karena kebiasaan duduk yang terlalu lama ini, otot perut jadi tidak pernah bekerja. Untuk itu, lakukanlah sit up di saat sempat minimal 10 kali tiap 1 dalam 3 set. Lakukan dengan posisi benar, kalau kita melakukannya dengan posisi salah, bisa-bisa bukan malah sehat, tapi malah bahaya yang datang.

2. Stretching

http://www.stretching.name/lang-en/stretching-routine-picture-images.jpg
Kalian pasti sudah kenal kan istilah ‘stretching’? yap, stretching bisa disebut juga dengan peregangan tubuh. Biasanya sebelum mulai olahraga, kita pasti dianjurkan/diwajibkan untuk melalukan stretching. Stretching berguna untuk melemaskan otot-otot sebelum memulai olahraga. Nah saat liburan, kegiatan ini cocok kita lakukan di waktu-waktu senggang. Sediakan waktu 5 sampai 10 menit untuk melakukan peregangan tubuh. Khususnya yang liburan hanya di rumah, kalau sudah tidak ada pekerjaan rumah yang dilakukan pasti kalian hanya akan berkutat dengan tiduran dan duduk. Kebiasaan tiduran dan duduk sering membuat tubuh terasa kaku, untuk itu lakukanlah stretching sederhana agar tubuh terasa lebih baik.

3. Dance


Adakah penggemar K-pop di sini? Hm, pasti sudah tidak asing kan dengan istilah ‘dance’? yap, meskipun bukan jenis olahraga tapi dance bisa dibilang sebagai senam irama. Hanya saja kita menggunakan irama yang kita suka, seperti Growl-nya EXO atau Boy in Luv-nya BTS. Dance bisa kita lakukan setiap hari dan kapan saja, tapi ingat jangan lakukan saat mau tidur. Dance merupakan salah satu gerak yang memicu kardio, jadi sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan saat mau tidur. Lakukan dance dengan lagu-lagu yang kalian suka. Biasanya aku malah mempelajari dance dari youtube, setidaknya dalam sehari satu koreografi saja sudah kita kuasai. Selain akan membuat tubuh lebih aktif bergerak, secara psikologi kita juga akan merasa fresh berkat lagu-lagu favorit yang kita dengar.
http://pa1.narvii.com/6073/05348fcf70bf084deb144878631c665524f57215_hq.gif
4. Cukup air putih

http://www.machinepoint.com/
Ada lho orang yang tidak suka minum air putih. Tapi kebiasaan itu berdampak buruk pada ginjal, karena pasti yang diminum adalah minuman gula atau bersoda. Nah selain berolahraga, kita juga harus menjaga asupan air putih. Sebagian besar tubuh manusia berisi air, itulah sebab kenapa kita harus terus menjaga asupan air putih. Minumlah air putih dengan takaran yang cukup saat berolahraga agar tidak terjadi dehidrasi.

5. Berjemur di Bawah Matahari Pagi

http://allstarpetresort.com/wp-content/uploads/2014/04/earth-day.png
Terbiasa bangun jam 8? Oh tidak apa-apa, cahaya matahari pagi masih aman. Jangan pernah takut hitam. Cahaya matahari pagi itu penting bagi tubuh, terutama tulang. Berjemurlah di bawah matahari pagi selama 10 menit atau lebih, maka tidur malammu akan nyenyak.

6. Mandi dua kali sehari

http://spaplatform.com/wp-content/uploads/2016/02/Bathing-in-warm-water.jpg
Karena liburan, maka tidak usah mandi. Biasanya ada orang yang seperti itu. Jangan sampailah kita melakukan kebiasaan yang satu ini. Meskipun hanya liburan di rumah, kebersihan tubuh juga harus tetap di jaga. Olahraga saja tidak cukup untuk membuatmu bugar, mandi dua kali sehari pun juga bisa membuatmu nampak bugar.

Itulah beberapa hal yang ingin aku sampaikan. Selain tubuh, psikologi dan hati kita juga harus bugar. Bisa dilakukan dengan bermain gitar, menyanyi, menggambar, menulis fiksi dan sebagainya. Jadikan hari liburmu sebagai penunjang kreatifitas non akademis. Jangan hanya bermalas-malasan, karena kita adalah generasi bangsa.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.