[Cuap-Cuap Author] Belajar Translation



Hai ^^ udah lama ya ngga balik sama Cuap-Cuap Author :D

Ada yang kangen?

Ah ngga deh kayaknya :”) ngapain juga kangen sama cuap-cuap aneh ini :”)

Oh ya, sekarang aku mau membahas tentang Belajar Translation yang baru-baru ini lagi kujalani di Kampung Inggris. Maaf untuk BTS-nya dilanjut kapan-kapan :D  

Udah ada yang kenal sama Kampung Inggris? Atau malah belum sama sekali? ._.

Masa iya jaman sekarang masih ngga kenal sama Kampung Inggris? Hello, ini udah jaman internet ya, masa iya masih ga tau juga sama tempat itu?

Oke deh, bagi yang belum kenal, mari kukenalin dulu.
Kampung Inggris itu adalah sebuah kampung di daerah Pare, Kabupaten Kediri Jawa Timur yang emang terkenal banget sama kursus bahasa Inggrisnya. Udah deh, di sana tuh numpuk sama berbagai macem kursus bahasa Inggris. Yang terkenal tuh BEC. Mesti kalo aku naik bus Kediri-Malang, kalo udah sampe di Tulungrejo, mesti tuh pak kondektur tereak “Kampung Inggris! BEC!”, karena emang cukup terkenal sih BEC di kampung Inggris.

Tapi, aku nggak kursus di BEC guys.

Aku kursus di Alexandria Course.


Pasti malah ngga kenal lagi ._.

Iya sih, Alexandria ngga terkenal-terkenal amat. Letaknya juga ngga di pusat Kampung Inggris juga, tapi deket kok dari pusat Kampung Inggris-nya –deket dari rumahku juga :v. Temen-temenku yang kuberitahu “aku tuh kursus di Alexandria, jalan Sakura” eh mereka malah bilang “di mana itu? ga terkenal”.

Emang bener kurang terkenal, tapi siapa yang tahu, di sana justru dibuka kelas spesialis translation yang justru jarang dimiliki kursus Bahasa Inggris lainnya.

Mungkin ya, bagi kalian-kalian translation itu ngga ada penting-pentingnya.

Eh tapi jangan salah, rekan sekursusku ada loh yang dokter, seusia sama dengan ayahku ._. Coba bayangkan, aku sekursusan sama orang yang seusia sama ayahku, gimana rasanya tuh? Udah pasti minder lah, masa iya yang udah umur segitu masih semangat, aku malah males-malesan. Ga banget tahu :D

Translation itu ngga cuma dibutuhkan pas menerjemahkan lagu barat ._. dan ngga selamanya belajar speaking itu penting loh. Iya kalo kalian tinggalnya di Bali, atau di Jogja atau di kota-kota yang emang wisatanya banyak dikunjungi turis asing, mungkin speaking emang paling penting. Tapi coba kalo kalian ngga tinggal di sana, ngga pernah ketemu turis asing, apa iya bakal berguna belajar speaking tapi dipraktekkinnya sama native speaker Jawa? ._. lak konyol se :v Yang ada malah jawa-mu yang bagus, bukan inggrisnya. 

Sementara translation sendiri itu menurutku lebih penting dari speaking. Karena apa?
Kuliah mau lanjut S2 sama S3, perlu baca jurnal-jurnal luar negeri. Ngga ada namanya S2 sama S3 pake literatur bahasa Indonesia tuh. Aku aja yang baru menempuh S1, baru semester 2 juga, sama dosen matkom-ku udah dikasih buku matematika diskrit bahasa Inggris. Bayangkan! Udah matematika, inggris pula ._. hidup enggan mati tak mau :v apanya yang bakal dibaca coba? Gambarnya? :v ya ga usah kuliah aja sekalian ._.

Rekan sekursusanku ada tiga yang udah lulus S1, ada satu yang udah lulus S2 dan satu dokter. Pak dokter ya itu, yang kubilang seusia sama ayahku. Beliau ikut kursus translation ini untuk menunjang kuliahnya nanti di Filipina. Lalu ada lagi, dua kakak kursusan yang sama-sama lulusan Bahasa Inggris, satunya yang cowok dari pendidikan, satunya yang cewek dari sastra. Bahkan yang lulusan Bahasa Inggrisnya aja masih ikut translation buat menunjang pendidikannya nanti. Dan satu lagi lulusan S2, dosen di ITS. Kakak ini tuh rencananya mau lanjut S3 di luar negeri #moga_tercapai_kak. Loh, liat sendiri ‘kan, siapa bilang translation itu nggak penting. Itu penting banget apalagi untuk akademisi.

Lagipula kursusan ini dibimbing sendiri oleh seorang penerjemah buku. Pak Ahmad Lintang Lazuardi, yang udah menerjemahkan banyak buku-buku bernuansa ilmu pengetahuan seperti kamus Sains, buku Kahlil Gibran, sama buku berjudul Empati karya David Howe.

Aku ya, kesan pertama liat kursusannya tuh jauh banget dari bayangan ._.

Kupikir tempat kursusnya kayak sekolah gitu, ada kelas-kelasnya, ada kursi kayak yang di kampus-kampus, papan tulis gede, AC, dsb.

Eh ternyata, ngga jauh beda sama rumahku ._.

Pantes ya aku terdorong ke sana, soalnya emang bukan nuansa sekolah sih. Aku tuh udah males sekolah ._. bosen.

Mana ada kucing unyu yang suka dengan santainya lewat pas jam kursus pula :D ya curi-curi pegang(?) aja :v

Pokoknya nyamanlah, seperti rumah sendiri. Selagi diniati untuk mencari ilmu ya, bukan cari jodoh atau cari popularitas, dengan kondisi tempat yang seperti itu aja udah bersyukur banget. Ya syukur-syukur ngga kayak ospek di kampus-kampus yang sering ada kasus ‘pembunuhan secara tak disengaja’ ._. #malah_bahas_beginian
Tapi yang lebih penting dari itu adalah pengalaman.

Aku begitu lulus SMA, april 2016, mendadak jadi pengangguran tetap di rumah ._.

Kuliah dimulai bulan November 2016, itu pun semester 1 cuma sampe bulan januari yak, trus libur semester. Masuk lagi semester 2 bulan Februari dan sampai sekarang masih jam aktif.

Itu artinya ‘kan aku lebih banyak di rumah. Muter-muter di kamar => kamar mandi => dapur doang :v enggak berfaedah banget sumpah. Malah gara-gara terlalu lama di rumah aku jadi ansos gitu. Kurang gaul, kurang info, kurang bersosialisasi lah. Jadi kalo ketemu orang baru, mendadak mannequin challenge gitu ._. Dieeeeem doang kayak patung dan cuma bilang ‘iya’ dan ‘enggak’ kalo ditanya orang ._.

Nah, begitu aku ikut kursusan ini ya, mendadak tuh jiwa ansosku hilang ._.


Enggak malu lagi kalo pingin tanya ke orang.

Udah engga demam panggung lagi kalo harus diliatin banyak orang.

Bicara juga mulai santai, ga kaku terprogram kayak robot.

Pokoknya buat aku kerasa bangetlah perubahannya.

Mungkin karena bantuan rekan-rekan juga di sana. Kakak-kakak yang bisa welcome dan bikin suasana nyaman untuk siapa pun. Padahal ngga ada loh yang tinggal di satu kota. Semuanya beda-beda. Dari Lampung ada, Solo ada, Blitar ada, Majalengka ada, Lombok ada, Kalimantan barat juga ada, Bali ada, numpuk lah di sana. Bhinneka Tunggal Ika :v #jiwa_nasionalis_muncul
Pokok senenglah. Ngga nyesel aku belajar translation di sana.

Ilmunya dapet, pengalaman dapet, sosialisasinya juga dapet.

Malah dikasih bonus program Grammar ._. Kupikir cuma translation aja tanpa grammar dll. Malah temen-temenku pada banyak yang ngomong pake bahasa inggris, secara nggak langsung ‘kan kemampuan listening-ku jadi improve gitu meskipun speaking-ku masih sangat blepotan karena lola di kepala :v Thanks buat Miss Ratna yang udah membimbing anak ini dengan sabar dalam mempelajari grammar.


Udah sih, gitu aja ._. Ini mah kesannya bukan lagi cuap-cuap ya, tapi promosi XD Tapi ya udahlah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, menyelam sambil minum air. 

--FIN