Peduli Anak Indonesia melalui Buku Dongeng

source: forumperempuanberkarya.blogspot.co.id
Di jaman sekarang, membaca buku menjadi suatu kegiatan yang mulai asing di masyarakat, khususnya pada kalangan anak-anak. Gadget, komputer, game, menjadi salah satu penyebab mengapa anak-anak Indonesia berpaling dari buku bacaan. Padahal seharusnya mereka dididik menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif dengan buku bacaan. Ya, memang banyak sekali buku-buku elektronik alias e-book yang sudah tersedia di internet sehingga bisa di-download secara gratis dan bisa dibaca di mana pun. Tapi sebaik-baiknya bacaan memang dibaca melalui buku cetak. Kenapa?

Membaca buku adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh mata. Dan bacaan berbentuk cerita biasanya habis dibaca minimal 3 menit. Jika anak-anak diberi bacaan dongeng dalam bentuk e-book, sudah pasti mereka tidak akan menyelesaikan bacaan tersebut sebagaimana yang dilakukan anak-anak yang membaca melalui buku cetak. Mata akan lebih cepat lelah yang kemudian akan berimbas pada kesehatan mata anak tersebut. Dan dampak lainnya, mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang malas membaca buku dan hanya akan tertarik bermain game.

Untuk itu, Forum Perempuan Berkarya meluncurkan program pertama mereka yang bertajuk Donasi 200 Buku Dongeng untuk Anak Indonesia. Program ini dilatarbelakangi atas keprihatinan pada anak-anak yang lebih memilih bermain gadget daripada membaca buku. Anak-anak Indonesia harus menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif. Program ini terbuka untuk seluruh kalangan, tanpa batasan usia dan jenis kelamin. Masyarakat hanya perlu berdonasi sebesar Rp 50.000,- per orang yang nantinya uang donasi itu akan diwujudkan menjadi satu eksemplar buku dongeng untuk anak-anak. Buku-buku dongeng ini akan disumbangkan oleh Forum Perempuan Berkarya ke beberapa lembaga peduli anak seperti panti asuhan, yayasan anak dan taman baca yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Apakah kita hanya harus pasrah melihat generasi-generasi bangsa lebih suka bermain gadget daripada membaca buku yang manfaatnya lebih membuat anak berpikir kreatif daripada bermain game? Tentu saja tidak ‘kan? Suatu bangsa tentu ingin memiliki para penerus yang kreatif sehingga bisa bersaing dengan negara-negara lain. Jadi, jika Anda berkenan, silahkan hubungi salah satu dari nomor berikut untuk keterangan lebih lanjut: 085707232015 atau 085649020039.

Mari kita jadikan para generasi penerus kita menjadi generasi yang gemar membaca dan kreatif! [najla]

info lebih lanjut => 200 Buku Dongeng untuk Anak Indonesia