Mengenal Lebih Dekat Soto Indonesia


Kali ini saya datang dengan topik baru. Yaitu tentang soto Indonesia. Kalian-kalian pasti sudah tidak asing lagi ‘kan dengan makanan satu ini? Yang di Jawa Timur pasti sering melihat warung-warung soto di pinggir jalan, tidak terkecuali dengan daerah-daerah nusantara yang lain.

Karena saya dari Jawa Timur, maka saya akan lebih banyak menyinggung tentang Jatim. Seringnya saya melihat warung-warung atau depot yang menjual soto Lamongan. Di mana-mana banyak sekali soto Lamongan, padahal lokasi warungnya bukan di Lamongan.
Awalnya saya pikir, apa sih yang membuat soto Lamongan jadi ‘hits’ banget? Dimana-mana pasti ada soto Lamongan. Kalau ada soto Lamongan, berarti soto daerah lain juga ada ‘kan?

Nah, dari pemikiran seperti itu makanya saya membahas topik ini. Tidak perlu ya saya bahas tentang apa sih soto itu. Fokus kita sekarang adalah tentang macam-macam soto yang ada di Indonesia. Oke, daripada terlalu banyak basa-basinya, mending kita mulai saja.

1. Soto Lamongan
 
Sumber: resepnona.com
Ini nih yang baru saja saya singgung. Yaitu soto Lamongan. Soto satu ini terkenal banget. Orang-orang yang nggak tau kalo di Indonesia ada daerah Lamongan akan tahu setelah mencicipi soto satu ini. Soto Lamongan itu adalah soto ayam, iya, soto ayam. Tapi uniknya, dia ditambah dengan bumbu koya dan sangat cocok bagi Anda-Anda sekalian yang tidak suka dengan kuah berbahan santan. Tenang saja, ayam yang dipakai adalah ayam kampung. Jadi sudah tidak diragukan lagi ‘kan nilai gizinya. Cara bikinnya engga sulit-sulit amat kok, bisa dibikin sendiri di rumah. 

2. Soto Surabaya
 
Sumber: tripadvisor.com
Dekat dari Lamongan, Surabaya juga ternyata punya sotonya sendiri lo. Bentuknya cukup beda dengan soto Lamongan. Kalau soto Lamongan kuahnya bening, soto Surabaya memiliki kuah yang pekat dari bumbu kunyit dan koya. Soto yang juga disebut sebagai soto Ambengan Surabaya ini paling enak disantap di siang hari, mengenyangkan dan mantap deh.

3. Soto Pacitan
 
Sumber: diahdidi.com
Masih di Jawa Timur. Kini Pacitan juga ada sotonya sendiri. Soto Pacitan tidak memakai santan di kuahnya dan menggunakan ayam kampung seperti soto Lamongan. Bedanya, soto jenis ini memakai topping, yang mencakup seledri, bawang goreng, kecambah, kecap, dan kacang tanah goreng.

4. Soto Boyolali
Soto seger Sumber: diahdidi.com

Soto rumput sumber: kabarkuliner.com
Sebenarnya di Boyolali, soto yang terkenal tidak hanya soto Seger, tapi ada juga Soto Rumput. Kok rumput? Jangan-jangan isinya rumput? Ya enggaklah. Dinamakan soto Rumput karena lokasi warungnya yang dekat dari tempat penjualan rumput untuk pakan ternak. Isi sotonya ya sama dengan soto-soto lain. Soto Rumput menyediakan tiga jenis soto sesuai bahan utamanya. Ada soto ayam, soto daging dan soto jeroan. Kuahnya bening tanpa santan, kaldunya pekat dan rasanya ajeb deh. Bagi yang suka soto jeroan dan tinggalnya di Jateng, dateng aja ke Boyolali daripada jauh-jauh ke tempat lain.

5. Soto Semarang
 
Sumber: tribunnews.com
Sebutan lain dari soto Semarang adalah soto Bangkong. Kuahnya bening dan disajikan dengan babat, tempe, telur puyuh, nasi, sate kerang dan perkedel. Lengkap banget ya pelengkapnya.

6. Soto Tauco Pekalongan
 
Sumber: diahdidi.com
Namanya lucu ya. Sebutan lain dari soto ini adalah soto Tauto, merupakan gabungan dari kata tauco dan soto. Seperti namanya, soto ini ditambah dengan sambal tauco yang warnanya merah. Jadi kelihatan seperti makanan berat, padahal ini soto dan tidak menggunakan santan dalam kuahnya.

7. Soto Sokaraja Purwokerto
 
Sumber: resephariini.com
Soto jenis ini kuahnya bening, dan ada aroma khasnya yang merupakan campuran dari jahe dan serai. Bagian unik dari soto ini adalah sambal kacangnya. Terdiri dari dua jenis daging untuk isiannya, yaitu daging sapi dan daging ayam. Biar lebih kenyang, makannya bisa pakai ketupat.

8.Soto Krandegan Banjarnegara
 
Sumber: budparbanjarnegara.com
Soto ini, sekilas mirip seperti opor jika dilihat dari bentuk kuahnya. Tapi ketika dicicipi, rasanya akan sangat jauh berbeda dengan opor. Kuahnya bisa terlihat seperti itu karena merupakan kombinasi dari kuah kuning dan santan yang dicampur kemudian direbus bersama tulang-tulang dan daging sapi. Biasanya disajikan dengan ketupat, taoge muda, irisan daun bawang dan bawang goreng. Dan jangan lupakan irisan daging yang tadi dipakai sebagai rebusan kuah soto.

9. Soto Kudus

Semua jenis soto pasti punya keunikannya masing-masing. Termasuk soto Kudus. Soto ini terdiri dari soto ayam dan soto daging. Kalau soto ayamnya hampir mirip dengan soto Lamongan. Nah kalau soto daging biasanya dagingnya itu daging kerbau. Unik ya? Ya karena Kudus kebanyakan masyarakatnya adalah beragama Hindu, dan ini adalah anjuran dari Sunan Kudus agar umat Islam bisa bertoleransi dengan agama lain dan salah satunya adalah dengan menghindari daging sapi. Uniknya lagi, soto Kudus disajikan dalam mangkuk kecil, kayaknya cocok nih buat yang lagi diet.

Sumber: youtube
10. Soto Lenthok Jogja
 
Sumber: makanjogja.com
Namanya unik juga ya. Ya, jadi soto jenis ini ditambah dengan Lenthok. Lenthok itu sendiri adalah singkong yang dibentuk bulat dan digoreng setelah dicampur dengan bumbu halus. Bikinnya mudah, mungkin agak susahnya di bagian lenthok-nya aja.

11. Soto Kored Kebumen
 
Sumber: atmosferku.com
Dinamai soto Kored karena yang punya adalah Pak Kored. Soto ini adalah yang paling terkenal di Petanahan. Yang unik dari soto ini, biasanya kita akan disuguhkan dengan soto bersama tambahan kubis dan soun, nah kalau soto Kored justru tidak ada tapi diganti dengan potongan ketupat. Kuahnya yang kental akan enak jika dimakan bersama krupuk.

12. Soto Madura
Sumber: klikhotel.com
Sekarang Madura punya. Soto ini cukup beda dari yang lain. Selain soto ayam dan soto daging, tersedia juga soto jeroan. Nah nah, belum lagi isinya banyak banget. Udah deh, kalo makan soto Madura ngga perlu tambah nasi atau ketupat. Soto-nya aja udah bikin kenyang.

13. Soto Bandung
Sumber: nyobiresep.com
Bandung juga punya soto loh. Soto Bandung memiliki kuah putih, unik ya? Sudah jelas kalau warnanya putih, dia tidak pakai santan. Dan yang lebih unik lagi, soto ini ditambah dengan tomat, lobak dan kacang kedelai. Jawa Barat banget kan?

14. Soto Mie Bogor
Sumber: Wikipedia.org
Dari namanya udah keliatan, ini pasti ditambah mie. Emang bener, bahan utama soto ini adalah mie kuning. Selain itu ada juga urat serta daging sapi, risoles dan babat sebagai isinya. Sotonya aja udah mengenyangkan banget, engga perlulah ditambah nasi/ketupat.

15. Soto Betawi
Sumber: cookpad.com
Jangan kira Betawi tidak punya soto. Soto Betawi berkuah santan, ditambah dengan susu pula. Lebih bikin berat lagi karena bahan utama isinya adalah Jeroan. Hampir mirip kayak Soto Madura ya.

16. Soto Padang
Sumber: resepdanmasakan.com
Kita terbiasa mengerti Nasi Padang, gimana kalau Soto Padang? Namanya soto ya bentuknya kayak soto(?) Soto Padang hanya mencakup soto daging, dimana kuahnya dibuat dari kaldu sapi yang dicampur cuka. Rasanya pasti kecut-kecut gimana gitu ya. Tapi aromanya, hmmm terasa banget daun jeruk, serai, jahe dan daun bawangnya. Bikin laper pasti.

17. Soto Medan
Sumber: resepindonesia.net
Medan ternyata juga punya sotonya sendiri teman-teman. Soto di Medan memiliki kuah yang dibuat dari santan, santan kental pula. Jadi bisa dibayangin bagaimana beratnya soto satu ini.

18. Soto Banjar Kalimantan Selatan
Sumber: masakandapurku.com
Kini terbang ke Kalsel, soto Banjar memakai bahan utama berupa daging ayam. Makannya pakai lontong atau ketupat, biar kenyang. Kuahnya memiliki aroma rempah-rempah campuran dari kayu manis, biji pala dan cengkeh. Boleh dicoba kalau pergi ke Kalsel.

19. Soto Makassar
Sumber: resepcaramemasak.info
Yang terakhir dari Makassar nih. Sebutannya adalah Coto Makassar. Soto ini berisi jeroan sapi, kuahnya dibuat dari kaldu jeroan yang direbus lama. Jeroan banget yak. Dan dibuat dengan perpaduan banyak rempah-rempah, mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia agak sedikit tidak menyukainya. Tapi dicoba apa salahnya?

Yah, setidaknya itu saja dulu jenis-jenis soto-nya. Kalau mau mencoba bikin sendiri soto di rumah, bisa cari resepnya di website lain. 


Semoga artikel ini bermanfaat.