Fakta BTS Update Juli 2017 pt. 2


Sekarang fakta BTS engga lagi satu bulan satu artikel. Bisa jadi satu bulan 2 atau lebih artikel. Karena aku memutuskan, tiap artikel maksimal memuat 50 poin. Biar engga kepanjangan, biar kalian engga capek juga bacanya atau harus kelamaan scroll ke bawah. Gimana? Nggak papa ya di model begini? Jawab setuju/enggak di kolom komentar. 


[15/07/17]

1. Ruang kerja Suga yang baru.



2. Get To Know BTS #Rapmonster: Leader BTS Kim Namjoon lahir pada 12 September 1994, yang tampak mengesankan dengan kemampuannya sebagai underground rapper sebelum BTS dibentuk. Sejak grup ini pertama dirilis tahun 2013, Rap Monster telah memimpin grup pada pencapaian yang besar. Cek 5 fakta cepat tentang Rap Monster berikut. 

- Pemimpin grup : Grup K-pop biasanya memiliki satu orang yang bertanggung jawab untuk membuat semua hal berjalan dengan baik dan sesuai dengan keinginan dan Rap Monster dengan pasti berdiri dengan title “leader”. Dia adalah orang pertama yang dibawa sebagai anggota dari kelompok yang nantinya akan menjadi BTS. Dan telah memberikan fondasi yang kokoh bagi grup tersebut. 
- Nge-rap seperti monster: Nama itu mengatakan semuanya, bukankah begitu? Satu dari para rapper BTS, Rap Monster juga menulis musik dan diketahui menempatkan banyak sentuhan kreatifnya di lagu mereka. Namun, meski nama panggungnya, Rap Monster tidak hanya melakukan rap, dia baru-baru ini menyanyi di salah satu lagu milik member yang dirilis dalam ulang tahun keempat mereka yang baru. 
- Bergabung dengan berbagai kolaborasi: Dia bekerja dengan beberapa artis hip hop dan indie populer Korea seperti MFBTY, Primary, Don Mills, dan Gaeko. Awal tahun ini dia bekerja sama dengan Wale untuk lagu bermuatan politik berjudul “Change”.
- Dia belajar Inggris dengan menonton Friends: Rap Monster menjadi member BTS yang mayoritas melakukan interview dalam bahasa Inggris karena hanya dialah member yang fasih dalam bahasa tersebut. Dia belajar otodidak dan mengatakan bahwa dia belajar sambil menonton Friends. Dia bilang pada Yahoo bahwa Chandler-lah karakter favoritnya dan dia merupakan fans dari romansa Ross dan Rachel. Jika hal ini terdengar mengejutkan bahwa dia belajar bahasa Inggris melalui sitcom, pertimbangkan saja bahwa Rap Monster diakui di Korea karena memiliki IQ di atas rata-rata. 
- Dia adalah Rapper Underground sebelum BTS: Sebelum BTS dibentuk, Rap Monster dikenal sebagai Runch Randa di panggung Underground Korea dan juga merupakan bagian dari kru Daenamhyup. Rap Monster selalu berpegang pada sedikit sikap anti-mainstream, terutama dengan mixtape ekspresifnya di tahun 2015. 

3. Get To Know #Seokjin: Member tertua di grup, lahir pada 4 Desember 1992, Kim Seok Jin ditemukan di jalan saat di universitas sedang belajar akting, dan diundang audisi oleh BigHit Entertainment. Saat BTS mengeluarkan album pertama mereka di tahun 2013, Jin debut sebagai salah satu dari empat vokalis grup. 
- Panggil dia “Yang Ketiga dari Kiri”: “Car Door Guy” juga merupakan nama panggilan yang diterima oleh anggota tertua BTS, yang mana penampilannya tetap menjadi viral. Di tahun 2015, Jin didapati keluar dari mobil pada MelOn Music Awards yang terlihat sangat baik, dan foto-fotonya beredar di kalangan penggemar K-pop sepanjang malam. Kemudian pada BBMAs tahun ini, penampilan Jin lagi-lagi menggemparkan Twitterverse(?), dengan penonton yang penasaran siapa member BTS yang berdiri nomor 3 dari kiri saat grup tengah berpose di magenta carpet. 
- Dia merupakan co-produser lagu solonya di album Wings: meskipun dia pernah menulis lagu, Jin melakukan percobaan pertamanya untuk memproduksi lagu “Awake”. Lagu bernada melankolis yang memadukan balada orchestra dengan bass berirama, anggota BTS ini memasukkan semuanya ke dalam lagunya di album grup Wings yang mendapat rangking di Billboard 200. 
- BTS Resident Foodie (bingung di translate): Tidak hanya tampan, tapi Jin juga bagus salam urusan dapur. Beberapa kali para anggota BTS menyebutkan bahwa Jin sering bertanggung jawab dalam hal memasak dan memberi makan anggota tim lainnya, dan dulu dia bahkan memposting foto-foto eksperimen memasak di blog BTS. Ia juga memiliki webseries-nya sendiri berjudul “Eat Jin”. 
- Raja Dad Jokes-nya BTS: Ketika membicarakan humor, Jin sangat ‘paternal’. Ya, tidak hanya si tampan yang suka makanan dan memasak, tapi Jin juga merupakan salah satu member menyenangkan yang dikenal karena leluconnya, dan member BTS kerap kali memutar bola matanya karena leluconnya. 
- Pria dengan gitar: BTS itu khasnya nge-dance sambil nyanyi di panggung, tapi Jin diketahui duduk dan memainkan gitarnya selama live event dan di video-video. Dan terkadang, selama siaran langsung dia bahkan makan dan bermain gitar. 

4. Get To Know #Suga: Pemilik tatapan intens Min Yoongi lahir pada 9 Maret 1993 dan memiliki karir sebagai rapper underground sebelum masuk dalam dunia K-pop. Saat BTS meluncurkan album pertama mereka di tahun 2013, Min Yoongi debut sebagai salah satu dari tiga rapper di bawah nama panggung Suga. Cek lima fakta cepat dari Suga berikut. 

- Dia dapat melakukan ini semua: Menulis lagu, memproduksi lagu, nge-rapp, namailah! = Sangat serbaguna, Suga banyak membantu di pekerjaan BTS, dan baru-baru ini mulai bekerja dengan artis Korea lain. Dia memproduksi lagu contemporary R&B Suran berjudul “Wine”/ “If I Get Drunk Today”, yang mana menempati posisi teratas dalam musik chart lokal. 
- Ia juga dikenal sebagai Agust D
- Dia sangat menyukai tidur
- Dia tidak takut untuk membicarakan tentang kesulitan-kesulitan hidup: Sewaktu dia merilis mixtape Agust D tahun 2016, mixtape itu menunjukkan bahwa sikap menawan dan senyum manis Suga selama ini ternyata menutupi kekacauan batinnya saat mengejar karir sebagai rapper K-pop. Secara terbuka dia menjelaskan beban ketenaran dan perjuangannya dengan jati dirinya di “The Last”, Suga secara sinis dan agresif membuka diri tentang bagaimana dia mencari perawatan psikologis. 
- Dia bermain piano 

5. Get To Know BTS #J-Hope: Si periang Jung Hoseok lahir pada 18 Februari 1994, merupakan penari yang hebat sebelum bergabung dengan BTS. Saat grup meluncurkan album pertama mereka di tahun 2013, Jung Hoseok debut menggunakan nama panggung J-Hope. Inilah apa yang kau butuhkan untuk mengenalnya:
- Raja dance BTS
- Ceria, kepribadian yang penuh harapan
- Penari kompetitif di masa lalu: Dia memenangkan kompetisi dance nasional tahun 2008 di Korea Selatan.
- Satu dari tiga rapper grup
- Salah satu dari member pertama BTS

6. Get To Know BTS #Jimin: Lahir 13 Oktober 1995, Jimin adalah salah satu member termuda BTS, tapi satu dari penari hebat mereka. Dengan latar belakang di dance kontemporer dan senyum yang menawan, Jimin merupakan salah satu dari vokalis BTS. 

- Kerja keras melampaui kepercayaan: Semua member BTS bekerja keras, namun Jimin adalah si perfeksionis yang selalu bekerja sendiri dan mencoba untuk bergerak maju terhadap karirnya. Dia secara konstan berlatih sehingga dia bisa improve dan menjadi lebih baik dari saat ini
- Kepribadian yang peduli: Semua member BTS sangat peduli pada satu sama lain, tapi Jimin dikenal hangat dan manis pada member lainnya. Tidak hanya baik, dia juga sentimental, Jimin mengatakan pada majalah remaja J-14 bahwa film favoritnya adalah The Notebook. 
- Raja modern dance: Jimin belajar dance kontemporer di sekolahnya dan merupakan siswa terbaik di kelasnya. Latihannya ditunjukkan melalui gerakannya di panggung, terutama dalam koreografi di lagu solonya di album Wings ‘Lie’, yang mana dia merupakan co-wrote. Jimin membawa banyak hal pada level berbeda dengan penyajian ekspresifnya di koreografi dramatis lagunya, menceritakan sebuah pesan sebanyak dengan tubuhnya sebagai vokalnya.
- Dia selalu di sana … di sosial media: cintanya pada fans bersinar melalui kebiasaan sosmed Jimin. Ketika semua 7 anggota membagi sedikit dari kehidupan mereka dengan fans melalui sosmed, Jimin adalah salah satu yang paling sering posting di sns BTS, update video dan gambarnya pada fans. 
- Bintang K-pop teratas di Tumblr: BTS itu sendiri merupakan grup K-pop aktif no. 1 di postingan Tumblr pada pertengahan awal tahun 2017, dan satu dari sekian postingan populer tentang grup ini adalah tentang Jimin. Sebuah postingan dengan format GIF yang memperlihatkan Jimin at his most “savage” telah lebih dari 8.000 catatan di Tumblr, menunjukkan Jimin yang dengan usilnya tidak menghormati member lain. 

7. Get To Know BTS #V: Sejak 30 Desember 1995, Kim Taehyung telah dirahmati dunia dengan tatapan mencoloknya. Menggunakan nama panggung “V”, Dia debut dengan BTS di tahun 2013 untuk menunjukkan suara mellownya. 

- Vokalnya menimbulkan kecemburuan: Dengan tingkat nada yang lebar dan nada dalamnya, vocal ekspresif V merupakan andalan untuk suara BTS. Dia baru-baru ini memamerkannya melalui “Stigma” di Wings dan lagi selama perayaan ulang tahun keempat BTS dengan merilis “4 O’Clock” yang mana merupakan track kolaborasi V dengan Rap Monster. 
- Menikmati seni: V membuatnya dikenal bahwa dia menyukai seni dan juga tertarik pada kreasi seni sendiri. Berdasarkan pada reputasi(?) BTS, ketika BTS berada di Chicago untuk Wings Tour mereka, mereka mengunjungi Institut seni di Chicago dan V merupakan fans berat dari pameran Van Gogh. Dia juga merupakan fans dari seorang fotografer Ante di Instagram, seseorang yang merubah cinta V dengan dedikasi foto pada bintang K-pop (aku juga bingung ini).
- Baru-baru ini mulai akting 
- Hampir jadi petani: Jika dia tidak jadi penyanyi, V akan terlibat dalam bisnis keluarganya dan menjadi petani. 
- Anggota kejutan di BTS: Dulu V itu jadi member rahasia sementara member lain di publish ke publik. 

8. Get To Know BTS #Jungkook: Lahir pada 1 September 1997, Jeon Jungkook merupakan member termuda. Dia tumbuh di depan mata ARMY, dan merupakan seorang yang bertalenta, diakui untuk nyanyiannya dan tariannya. 

- Anak ini bisa nyanyi: Meskipun yang termuda, dia mengambil peran sebagai center dalam banyak lagu BTS. Fun fact: Jungkook merupakan trainee yang paling banyak diminta semenjak video audisinya tersebar di industry entertainment).
- … dan menari
- Dia meng-cover banyak lagu
- Baru lulus SMA: Jungkook masih berumur 15 tahun saat debut bersama BTS dan mulai masuk SMA telat setahun sehingga dia bisa fokus pada grupnya. Dia lulus Februari tahun ini. Anggota BTS yang lain merayakan kelulusan member termuda mereka.
- Suka bermain game: Saat di interview bersama Yahoo Esports, Jungkook bilang pemain favoritnya di Overwatch adalah YulmuAppa.  

9. Rap Monster dipilih menjadi kandidat dalam nominasi “The Most Handsome Faces of 2017” versi tccandler. Jadi total member BTS yang dipilih sudah 6, sisa Suga yang belum. Untuk voting bisa liat di artikel ini: http://www.kpopsquad.com/2017/06/beberapa-artis-k-pop-ini-masuk-nominasi.html , dan untuk mendaftarkan Suga, bisa dilakukan lewat twitter. 


10. Lagu Not Today dimainkan pas Donald Trump lagi pidato. 


Baca juga: Fakta BTS Update Juli 2017 


11. Jin update twitter tanggal 14 Juli, yang menjelaskan kalau dia itu marah karena nyamuk gigitin jari tangannya sebanyak 3 kali sampe bengkak. 


12. Lagu Fire diperdengarkan di KCON NY 2017. Si MC bilang “The first K-pop boygrup to win a 2017 BBMA”. Di video yang aku lihat ini, Twice di belakang panggung khususnya Nayeon excited banget sampe nyoba ngedance gitu. 


13. BTS memberitakan kalau mereka akan melakukan konser Wings part 2 di Taiwan pada bulan Oktober mendatang bertempat di Linkou Stadium. Dan telah dikonfirmasi benar. 


14. Rolling Stone India, melakukan interview bersama BTS. Jadi, Namjoon bilang kalau dia atau BTS itu tahu sama teori-teori yang ditebak ARMY soal MV mereka. Dia bahkan nonton semua video teori. Katanya, ada satu video yang teorinya mendekati bener. Dan dia memuji kalau ARMY makin lama makin pinter.

[19/07/17]

15. Tidak lama setelah Namjoon dipilih jadi kandidat nominasi “The Most Handsome Faces of 2017”, Suga pun ikut terpilih menjadi kandidat. Yuk vote!!! Like + comment! Kalo punya banyak akun IG, like + komen terus! Komennya dibanyakin!

16. Fakta baru, ternyata bapaknya Jin adalah CEO. Oke, jadi … engga cuma CEO tapi juga dikenal tampan dan berwibawa hmmm jadi engga heran dari mana asal mula tampang worldwide handsome-nya Kim Seokjin hmmm


17. Sebenernya udah keliatan sejak awal debut dulu. Seokjin keliatan paling kaya. Di American Hustle Life cuma dia satu-satunya yang mengkonfersikan uangnya ke dollar. Dia juga yang beliin es krim buat J-hope & staff. Dan dia mesti traktir Jungkook makanan hotel pas trainee dulu :”) 


18. Semua biaya bahan makanan Bangtan yang dimasak sama dia di awal debut ternyata pake uang saku Jin. 


19. V: “Sebenarnya aku jelek di kehidupan nyata. Hoseok bilang ada beberapa member yang lebih tampan di gambar dan member yang lebih tampan di dunia nyata. Aku lebih tampan di gambar.” 

Jin: “Aku adalah member yang tampan di kehidupan nyata.”
V: “Itu tidak benar.”
Yoongi: “Sejujurnya aku tidak tampan di foto maupun kehidupan nyata.” 
V: “Nah, kalo itu aku setuju.” [BTS Japan Fanmeeting DVD vol 3]

20. Jin: “Hal yang mau kubicarakan adalah hanya karena orang lain punya waktu yang sulit, itu bukan berarti waktu sulitmu tidak menyulitkan dan melelahkan. Jadi kapan pun kau punya waktu yang sulit, selalulah bilang pada orang lain ‘aku punya waktu yang sulit’ dan ‘tolong perhatikan dan tenangkan aku’. Kuharap tahun 2017 menjadi tahun di mana kau akan selalu sehat dan tidak akan tersakiti.” 


21. Aku dapet di twitter, bener apa engga ngga tau. Katanya Jin pernah pergi ke Australia untuk pertukaran pelajar dan dia main golf di sana. 


22. Jin: “Segalanya akan menjadi hal yang buruk saat kau berpikir negatif. Semua hal akan menjadi lebih baik jika kau berpikir positif. Itulah yang aku percayai. Itulah bagaimana aku merasa bahagia.”


23. Kayaknya sekarang banyakan fakta Jin yak. Jadi, pas BTS berkunjung ke Chile, Jin bilang kalau dia tahu negara Chile karena ayahnya mengonsumsi Chilean Wine, dan itu harganya sangat mahal di Korea. 



24. Aku engga tau di mana, engga tau pas kapan. Ada seorang fanboy yang pernah nari Touch My Body di depan Hoseok. Kaget tuh pasti si Hoseok, soalnya kan biasanya dia yang kayak gitu :v #peace

[20/07/17]
25. Misi BTS di BTS Japan Fanmeeting DVD vol 3, Rapmon harus dapet suapan dari member, Jin harus dapet back hug dari beberapa member, Suga harus menang pas main panco sama 2 member, J-Hope harus denger member bilang “ayo kita menikah”, Jimin harus membuat member menebak kata ‘ARMY’ menggunakan symbol tangan, V dapet 2 misi yang pertama dia harus denger member bilang “imut banget’ dan yang kedua dia harus bobo di paha 2 member, dan Jungkook harus bisa digendong member di punggung. 

26. Rapmon pas ngelakuin misi, dia deketin J-hope, soalnya dia udah ngebantu J-hope menyukseskan misinya. Awalnya dia nyoba pura-pura nyuapin J-hope buah, trus nunggu J-hope gentian ngelakuin itu tapi J-hope engga peka. Trus dia pun bilang, “bukankah kau seharusnya menyuapiku ganti?” dan J-hope pun akhirnya ngerti sama maksud Rapmon.

27. J-hope deketin Jungkook, deketin Suga, tapi mereka sama-sama ga paham. Suga masih mending mikir, lah sama Jungkook dia malah dicuekin. V berusaha nebak, tapi tebakannya kurang tepat. Trus Rapmon nebak dan ternyata bener. 

28. Jin agak kesulitan pas minta bantuan member buat meluk dia. Jungkook disuruh engga mau (emang adek ga tau diuntung), J-hope juga disuruh engga mau, apalagi Suga yang lagi tidur, tambah engga mau dia. Begitu minta bantuan Rapmon, eh langsung dibantu. V juga langsung bantu dia. 

29. Suga harus adu panco sama 2 member dan harus menang. Dia awalnya pesimis, soalnya dia udah ngerti pasti dia akan kalah (secara dia tuh fisiknya paling mungil dari member lain). Dia deketin Jin, Jin-nya lagi berdiri. Dan itu engga kehitung soalnya adu panco harus ada alasnya. Jin udah sadar kalau itu pasti misinya Suga. Trus Suga deketin RM yang lagi main hape. Dan RM engga protes pas Suga ngambil tangannya trus diajak main panco & Suga menang (soalnya RM ogah-ogahan gitu, engga pake kekuatan). Suga deketin Jin lagi, tapi Jin menolak mentah-mentah soalnya pas dia dapet misi, Suga nggak mau bantuin. Dia pura-pura tidur sambil nyembunyikan tangannya di saku celana. Suga berusaha narik-narik tangan Jin tapi gagal, wajar, dia engga sekuat Kim Seokjin hmmm. Trus Suga jalan keluar dan ketemu sama V. “Taehyung-a, ayo bermain panco. Kau pikir kau bisa mengalahkanku dalam sekali main?” ya pokoknya dia memprovokasi gitu, trus ya Taehyung (yang lagi makan anggur) langsung nerima ajakan Suga. Dan Suga menang (sebenarnya Taehyung ngalah, waks). 

30. V dapet dua misi. Misi pertama dia gagal, soalnya J-Hope bisa nebak misinya. Misi kedua juga gagal, soalnya Jin bisa menebak misinya juga. 

31. Suran membicarakan tentang Suga yang ngontak dia duluan untuk berkolaborasi di mixtape Agust D. Sejak saat itu mereka jadi deket. Trus pas Suran kesulitan membuat musik sendiri, Suga mengajak Suran untuk bekerja bareng dia. Suran pun pergi ke studionya dan denger sketsa musik yang sekarang dipakai Wine.

32. Suga menjadi salah satu penyanyi K-pop yang memiliki banyak copyright. BTS ada di nomor #4. Dari 51 lagu BTS, 7 diantaranya diproduseri Suga. 

33. PDOGG, seorang produser tersembunyi BTS. Di ruang kerjanya di Nonhyun-dong Seoul, dia punya banyak sekali keyboard dengan berbagai jenis. Produser PDOGG sendiri ditemukan Bang Si Hyuk lewat internet cafĂ© di tahun 2007. Dia datang ke Seoul dari Gimhae dan mulai memproduseri lagu-lagu ballad 8eight, Lim Jeong Hee dan 2AM. Kemudian dia dikenalkan Sleepy dengan Rap Monster, dan membawa RM ke Big Hit. Di situlah sejarah BTS dimulai. Trus Suga & J-Hope gabung nggak lama kemudian. PDOGG bilang “dari pertama kali aku bertemu member BTS, mereka sudah hampir memiliki identitas musik yang komplit. Aku masuk jurusan pendidikan musik di universitas dan telah memahami teori kelas secara komprehensif, tapi daripada mengajari mereka sebagai guru, kami bekerja dengan bertukar pikiran.”

34. Interview dengan PDOGG. Q: “Bagaimana kegiatan pembelajaran berlangsung?” 
A: “Kami hanya berkumpul bersama dan menonton film serta mendengarkan musik. Kami menonton film seperti ‘8 Mile’ untuk membahas tentang bagaimana kasarnya lirik yang dibuat melalui rap battle di club Detroit Hip Hop.”

[23/07/17]
35.  ARMY ngerusuh ria di tweet-nya Bang PD. Mereka bermain sambung lirik lagu BTS. Kayak Dope & Not Today.

36. Hari ini, Namjoon lagi keluar bareng sama temennya. Dan mereka kelihatan pake payung

37. Sooyoung SNSD menyebut BTS dalam interview majalah W Korea. Dia bilang kalo eksistensi BTS di BBMAs kemarin itu membuat dia terpacu untuk bekerja lebih keras pada musik & penampilan untuk SNSD. 

38. Koreaboo menyebutkan V, Jin & Jungkook sebagai idol pria dengan mata paling menusuk jiwa

39. Koreaboo di artikel lain juga menyebut RM & J-Hope sebagai idol dengan lesung pipi yang ‘TERLALU MENARIK’

40. BTS di-notice Super Dragon (grup Jepang) di wawancara mereka.

41. Big Hit menyebutkan bahwa hanya K-ARMY aja yang dapet keuntungan dari ARMY II. Udah pasti hal  itu bikin kecewa I-ARMY. Kemudian K-ARMY membuat project untuk membantu I-ARMY atas ketidakadilan tersebut. Meskipun sama-sama kurang mengerti dengan bahasa satu sama lain, tapi K-ARMY mencoba untuk menulis pesan pake bahasa Inggris dan diunggah ke laman internasional fancafe. Mereka juga mengirim email pada Big Hit terkait hal tersebut. Mereka bilang agar I-ARMY tidak usah khawatir. “Ayo bantu fans intl! Mereka sudah membantu kita streaming MV dan lagu-lagu BTS, mereka membantu kita membawa BTS ke chart musik. Jadi kita harus membantu mereka kembali! Hanya ini yang bisa kita lakukan untuk I-ARMY, karena kita mengerti bahasa Korea! Ayo bantulan I-ARMY)”. Di postingan tersebut, K-ARMY menyebut I-ARMY dengan nama international lovelies.

42. ARMY lagi bikin projek streaming MV unik nih. Jadi ARMY di bagi dalam 4 unit, unit itu adalah Earth, Fire, Air, & Water. Jadi, pembagiannya itu sesuai zodiac kalian masing-masing. Kalau kalian Taurus/Virgo/Capricorn kalian akan masuk unit Earth. Untuk Aries/Leo/Sagitarius masuk unit Fire. Gemini/Libra/Aquarius masuk Air. Untuk Cancer/Scorpio & Pisces masuk Water.  Untuk yang masuk Earth, kalian harus streaming MV Danger sampe 100M. Bagi yang dapet Fire, wajib nonton I Need U sampe mencapai 100juta view. Untuk Air, harus streaming War Of Hormones sampe 100juta. Dan yang masuk unit Water, kudu streaming Dope sampe 200juta. Jangan nanya kapan projeknya selesai. Selesainya itu kalau nanti targetnya udah kecapai. Jadi, bagi yang ngga punya kerjaan di rumah, mending streaming aja biar cepet dapet targetnya.

43. V posting hasil fotonya di akun bersama BTS. Dan itu dibales sama Ante, “Kerja bagus V. Keep the photos coming #vante”.

44. BTS meraih jumlah vote terbanyak sebagai artis yang paling diinginkan tampil di Super Bowl 2018. Mereka memperoleh 62,23% suara, disusul oleh Justin Bieber yang hanya mendapat 14,59% suara, hasil ini didapat setelah sepekan voting dibuka. 

45. BTS diperkenalkan sebagai salah satu dari “10 Artis Baru yang Perlu Anda Ketahui” di bulan ini oleh Rolling Stone. Dijelaskan bahwa BTS telah menjadi “salah satu artis baru terpanas di Korea” dengan cepat setelah debut pada 2013. Juga album Wings dipuji sebagai “satu album pop paling ambisius dan ambisius secara sonologis pada tahun 2016”. Lirik lagu mereka juga disebut sebagai “ayat 4 baris cepat yang sering menangani topik tabu sebelumnya seperti politik & depresi”. Di artikel ini juga dijelaskan di mana para anggota mendapat inspirasi untuk lirik mereka.  

46. Koreaboo menyebutkan 15 idol yang hampir debut dengan nama panggung yang sepenuhnya berbeda, dan tiga diantaranya adalah V, Jimin & Jungkook.

47. Update Hanteo tanggal 21/07, album YNWA terjual 116 kopi yang kemudian totalnya menjadi 513,682. 

48. ARMY memenangkan Best Making Fandom, Best Fandom for Public Interest & Most Popular Fandom di Yinyuetai Fan Festival waaah ><

49. ARMY menemukan hint baru di kolaborasi BTS dengan Puma kemarin. 
“Always remember” = 14 huruf
“Thank you” = 8 huruf
“You Never Walk Alone” = 17 huruf
Lalu angka itu digabung jadi tanggal 14/08/17. Dan ARMY menganggap tanggal itu sebagai comeback. 

50. Barusan aku liat Bon Voyage S2 Ep1 reaction. Itu Suga bilang kalau Bon Voyage S1 jauh lebih seru. Ditambahin sama Namjoon, itu karena di season 1 mereka kayak syuting drama karena ada yang kehilangan passport, kehilangan barang-barang & dsb. 

Diambil dari berbagai sumber (Youtube, FB, twt, IG, dll)