SELAMAT ULANG TAHUN PARK JIMIN! #HAPPYJIMINDAY


Hari ini, tepatnya 13 Oktober, kita sedang merayakan hari ulang tahun seorang pria Busan yang genap berusia 23 tahun. Namanya adalah Park Jimin. Dia adalah anak sulung di keluarganya, memiliki seorang adik laki-laki bernama Park Jihyun dan orangtua yang begitu mencintainya. 


Ia lahir dan besar di Busan, sebelum akhirnya merantau ke Seoul untuk debut sebagai Bangtan Sonyeondan, atau yang saat ini bisa disebut BTS. Berbekal kemampuan menarinya yang luar biasa, dia bergabung dengan sebuah boygroup di bawah naungan Big Hit Entertainment dengan keadaan tidak bisa menyanyi pun melakukan rap. Meski begitu dia tidak berhenti untuk berusaha hingga akhirnya bisa kita lihat sekarang. Park Jimin kini merupakan seorang penyanyi yang sukses. 



Posisinya di BTS adalah sebagai main dancer sekaligus lead vocal. Dia selalu mendapat bagian nada tinggi di setiap lagu BTS sejak debut hingga saat ini. Walaupun vocalnya sudah cukup bagus, namun seperti yang bisa dilihat di Burn The Stage, si perfeksionis Jimin betul-betul tidak puas apabila ada kesalahan sedikit saja pada penampilannya. Entah karena kondisi tenggorokannya, bahkan tak terkecuali karena kesalahan teknis. 


Jimin adalah pemilik golongan darah A. Ia adalah si perfeksionis yang terorganisir dan selalu memperhatikan detail. Pemilik golongan darah A disebut cenderung cukup pendiam dan pemalu, suka mendengarkan dan mengikuti percakapan daripada memimpin percakapan. Bahkan seperti halnya tipe darahnya, Jimin adalah orang yang sensitif. 


Tipe MBTI Jimin adalah ENFJ, yakni si protagonist. Kekuatan dari ENFJ adalah: toleransi, dapat diandalkan, karismatik (pesona dan popularitas), peniru berbakat, altruistik, serta terlahir sebagai pemimpin. Kelemahan dari ENFJ: terlalu idealistis, terlalu tanpa pamrih, terlalu sensitif, harga diri yang berfluktuasi (jika mereka gagal mencapai tujuan, kepercayaan diri mereka pasti akan merosot), serta kesulitan dalam membuat keputusan yang tangguh. 


Lahir pada 13 Oktober, Jimin memiliki zodiak Libra. Ketika seorang pria libra mencintai seorang wanita, hal yang dia bicarakan adalah mengenai pernikahan. Pria libra memiliki harga diri yang rendah, di mana membuatnya mempertanyakan setiap keputusan yang harus dia buat. Pria libra tidak mudah dimengerti. Terlalu banyak tanggung jawab membuatnya sangat ragu-ragu, karena dia mengerti apa serangkaian konsekuensi yang mengikuti. Egonya memar dan prioritasnya seperti terseok-seok, sementara dia mungkin kehilangan karakter dan keinginannya sendiri, hanya karena kebutuhan untuk menyenangkan orang lain. Cara bagi pria libra dalam menemukan kedamaian adalah dengan menghancurkan semua ketergantungannya, dapat melakukan banyak hal sendirian dan meninggalkan gambaran/pendapat orang lain tentang dirinya tanpa rasa takut. Dia perlu menyadari siapa dirinya tanpa pengaruh orang lain.  


Park Jimin adalah pria kelahiran 1995, yang mana memiliki shio babi kayu. Menurut kepercayaan Tionghoa, orang dengan shio babi adalah orang yang jujur, toleran dan merupakan sahabat yang baik. Namun sebaliknya, mereka juga seringkali mengharapkan hal yang sama dari orang lain dan bahagia saat melakukannya. Pemilik shio babi kayu ialah sosok yang pandai memanfaatkan orang lain. Gemar menolong orang, bahkan mencurahkan kemampuannya untuk membina suatu hubungan yang baik dengan setiap orang. Shio babi kayu gemar menjamu orang dan membangkitkan suasana menyenangkan ke mana pun dia pergi.


Jimin adalah pemilik ukuran tangan termungil di BTS. Menyukai baju bermotif garis-garis, pecinta sepatu loafer dan celana panjang hitam. Kebiasaannya sejak era Run adalah menyibakkan rambutnya ke belakang. 


Menurut RM, cara membuat Jimin terharu adalah dengan memuji penampilan dan suaranya. Untuk membuat Jimin bahagia, cukup dengan beritahu bahwa Jimin keren. Jika Jimin bersedih, cukup hanya dengan berada di sampingnya. Dan jika Jimin marah, hentikan dengan mengatakan kalau Jimin adalah yang terbaik di dunia.


Di salah satu episode Bon Voyage S3 (Malta), Jimin mengatakan kalau dia sedang mengerjakan sebuah lagu, dan meminta RM mendengarkan lagu buatannya. 


Fakta lain Jimin: 
- Tulisan tangan Jimin adalah yang paling rapi di BTS
- Jimin pernah menjadi ketua kelas semasa sekolahnya selama 9 tahun
- Kalau tidak menjadi artis/BTS, Jimin akan menjadi polisi
- Lagu favorit Jimin adalah Serendipity
- Jimin dan J-hope adalah roommate terlama di BTS
- Jimin tidak dapat hadir dalam acara Graham Norton karena punggungnya sakit. 
- Setiap kali tertawa, Jimin pasti akan menjatuhkan badannya ke mana pun/siapa pun di sekitarnya
- Selalu tertawa terhadap setiap dad jokes-nya Jin
- Tiga kata yang mendeskripsikan Jimin versi Jimin: sexy, cute, lovely
- Member yang paling ceroboh kedua setelah RM
- Jimin menarik perhatian publik sebagai ‘the red suit guy/si pria berjas merah’ setelah penampilan BTS di American’s Got Talent


Catatan penulis:
Dengan bertambahnya usia, semoga Jimin menjadi seorang pria yang semakin bijaksana, berwibawa dan lebih baik dari sebelumnya. Don’t push yourself too hard, Jimin. Kau sudah cukup baik saat ini, cukup pantas untuk dicontoh oleh orang lain. Kerja keras dan dedikasimu pasti akan memberimu hasil yang sepadan. Sekali lagi, selamat ulang tahun, Jimin!!!