Cara Membuat Program Menghitung Umur Menggunakan Pascal




Di sini aku  mau nyoba-nyoba bikin artikel tutorial membuat program menghitung umur menggunakan pascal. Gara-gara tugas pemrograman dasar kemarin nih, makanya aku pingin share gimana cara mengerjakan program ini.

Langkah pertama sudah pasti download dulu aplikasi Free Pascal atau Turbo Pascal. Setelah download, jelas diinstal. Kalo nggak diinstal gimana ngerjakannya? Di sini aku nggak kasih tutorial menginstalnya soalnya di laptopku nggak ada aplikasi itu, aku pinjem laptop saudaraku buat ngerjakan tugas. Jadi kalian kalo masih bingung, cari aja di website lain.


Setelah aplikasi sudah diinstal, sekarang masuk ke langkah kedua, yaitu mulai menuliskan format dengan klik file -> new. Ini nih yang paling susah dari semua langkah, soalnya kamu harus tahu gimana formatnya biar programnya jadi. Curhat dikit ya, aku tuh udah nyari format untuk program menghitung umur dan ngga ada satu pun yang berhasil T^T Untungnya aku punya saudara yang emang ngerti TI, jadi bisa ngerjakan bareng-bareng. Nah, daripada ribet ngejelasin satu-satu, tinggal copy paste aja format di bawah ini ke lembar kerja di pascal. Sebentar, maksudnya copy paste disini bukan copas biasanya, jadi kamu harus tulis ulang, soalnya pascal nggak sama dengan MS. Word yang bisa copas dengan ctrl+c & ctrl+v.

program usia; [boleh diganti dengan kata lain]
uses WinCrt; [bisa juga ditulis ‘crt’ aja]

var
nama: string; [string itu untuk karakter]     
tahun_lahir, umur: integer; [integer itu untuk angka] 
const tahun_sekarang: integer=2017; [tahun boleh diganti sesuka hati]   

begin
clrscr; [untuk Free Pascal tidak perlu ditulis]

Writeln('PROGRAM MENGHITUNG USIA SAYA');
Writeln('----------------------------');
Write('Masukkan nama = ');Readln(nama);
Write('Masukkan tahun lahir = ');Readln(tahun_lahir);

umur:= tahun_sekarang - tahun_lahir;

writeln('----------------------------------------------');
writeln('Usia ',nama,' adalah ',umur,' tahun'); [Ini sih terserah, kalo emang pernyataannya bukan itu, yang dikasih warna bisa diganti]
readln;
end.

Oke, kalian pasti penasaran apa bedanya writeln sama write. Jadi, writeln itu dia akan membuat enter sendiri alias otomatis membuat baris baru. Tapi kalau write itu harus di-enter manual. Jangan lupa juga perhatikan tanda ‘;’. Biasanya sering terjadi error karena kurang teliti di bagian ini. Kalo ini sih murni kesimpulanku sama saudaraku, jadi kalo emang salah, mohon maafkan :”)

Langkah ketiga adalah simpan format itu dengan klik file -> save. Jangan lupa kasih nama dan inget-inget dimana kalian nyimpennya. Setelah itu klik compile -> compile. Atau dengan Alt+F9. Nanti ada pemberitahuan berhasil atau error. Kalau error berarti ada yang salah di format kalian, cek ulang. Setelah di cek, save lagi dan compile lagi. Sampe berhasil. 

Setelah compile berhasil, kalian cari di folder penyimpanan nama file tadi tapi dengan format .exe. Contoh, tadi aku nge-save format dengan nama test.pas, nah di folder sama akan muncul test.exe. Langkah selanjutnya kita mencoba program itu dan kalau ternyata bisa dijalankan seperti gambar di awal artikel, berarti berhasil dan programnya jadi.


Oke, itulah beberapa hal yang aku bisa bagi ke kalian. Maaf kalau abal-abal, aku juga emang masih baru belajar. Kalau ada yang enggak kalian mengerti, silahkan tanyakan di kolom komentar, insyaallah akan kujawab sebisa mungkin.

Kalau ada yang masih butuh dan pingin liat program yg berhasil kubuat, klik aja link ini

=> https://drive.google.com/open?id=0BxhfNrdRQp7aVXFUZ1F2WlJ1OWc .

Kalo ngga bisa di download, tunggu aja dulu soalnya aku setting biar ngga gampang di download terkecuali dengan persetujuanku.