Tutorial Menambah Data dan Constraint pada Tabel Oracle XE


Setelah berhasil membuat tabel di Oracle XE 10g Express Edition, saatnya kita menambahkan data dan membuat constraint. Sebelumnya apa sih Constraint itu? Constraint ialah sebuah batasan atau aturan yang diterapkan pada tabel untu menjaga konsistensi serta integritas data. Terdapat lima jenis constraint yaitu primary key, unique, check, not null dan foreign key. Nah constraint yang dibahas di sini adalah foreign key, yang mana digunakan untuk membuat suatu hubungan/relasi antartabel atau bisa juga digunakan sebagai rujukan dari satu tabel ke tabel lain. 

Dari Tutorial Membuat dan Menghapus Tabel di Oracle XE untuk Pemula, kita sudah membuat tabel mahasiswa. Sekarang yuk isi datanya. 


Berikut data mahasiswa yang akan diinput ke dalam database. 


Langkah-langkah penginputannya: 

1. Pastikan kamu sudah login ya dan udah buka tabel Mahasiswa (Object Browser >> Browse >> Table >> Mahasiswa)

2. Klik menu Data lalu klik Insert Row.


3. Isikan semua data yang diminta sesuai dengan data yang telah disediakan. Jika sudah, klik Create and Create Another. Apa sih bedanya Create and Create Another dengan Create saja? Kalau Create saja, berarti menunjukkan kalau kita sudah selesai menginput data. Sementara Create and Create Another, menunjukkan kalau kita masih harus menginput data yang lain. 


4. Jika semua data sudah terinput, klik Create saja. 

5. Hasil penginputan datanya bisa dilihat di bawah ini. 


6. Kalau kamu ingin mengurutkan datanya, klik Query. Centang semua kotak Column, lalu di Order By, kamu pilih Kode_Jurusan. Ascending untuk mengurutkan dari nilai terkecil ke terbesar, descending untuk mengurutkan dari nilai terbesar ke terkecil. Misal pilih Descending, lalu klik Query di pojok kanan atas. Tampilannya akan terlihat seperti berikut. 



7. Dengan langkah yang sama seperti nomor 6, ganti Order By dengan Nama_mhs, Ascending, maka hasilnya akan seperti ini. 



Setelah input data, kita beranjak pada cara membuat constraint. Pada Tabel Mahasiswa kita sudah menuliskan atribut asing bernama Kode_jurusan, nah sekarang mari kita buat tabel Jurusan yang terdiri dari Kode Jurusan dan Nama Jurusan seperti gambar di bawah. 


Lihat kembali artikel Tutorial Membuat dan Menghapus Tabel di Oracle XE untuk Pemula jika kamu lupa cara bikin tabel gimana. 

Langkah-langkahnya:

1. Beri nama tabel dengan Jurusan. Isikan atribut Kode_jurusan char(10) Not Null, Nama_jurusan varchar2(30).

2. Pada primary key pilih Not Populated dan Kode_jurusan


3. Pada foreign key alihkan Kode_jurusan ke sisi kanan


4. Pada constraint alihkan Kode_jurusan ke sisi kanan. Lalu Create



5. Isikan data jurusan. 


6. Jika semua data sudah berhasil diinput, buka lagi tabel Mahasiswa. Klik menu constraint > create


7. Constraint type pilih Foreign Key. Pada Foreign Key Column pilih Kode_jurusan. Pada Reference Table Name pilih Jurusan. Pada Reference Table Column List pilih Kode_jurusan. Klik Next > Finish



8. Jika berhasil, maka Constraint Mahasiswa_Con akan muncul di menu Constraint. Sekarang coba lihat pada menu Model. Entiti Mahasiswa akan berada di bawah entity Jurusan, yang artinya kedua entitas itu saling berhubungan di mana entitas Jurusan merupakan rujukan dari entitas Mahasiswa.



Itulah Tutorial Menambah Data dan Constraint pada Tabel Oracle XE. Saran dan kritik akan saya terima dengan senang hati. Selanjutnya kita akan mempelajari Tutorial Create Table, Drop Table, Update Table Menggunakan Run SQL Command Oracle