[Terjemahan] VMin Interview


Ini adalah terjemahan bahasa Indonesia dari interview Jimin dan V di ARMY 4th KIT. Maaf kalo ada salah penerjemahan, silahkan komen untuk pembenaran terjemahan. Semoga ngerti ya sama maksud yang ingin kusampaikan.



Q: "Apakah kalian ingat kesan pertama kalian pada satu sama lain?"
TH: "Kesan pertama? Aku melihat Jimin di sebuah video."
JM: "Bukan, perasaan/pikiranmu saat kamu melihatku untuk pertama kali, kita saling bertemu pertama kali di dorm."
TH: "Haha, pikirku, "dia tidak berpakaian dengan baik!" "apa sih yang dia pakai?"
JM: "Kurasa selera fashion-ku merupakan topik populer di antara member kami."
TH: "Seperti ... aku pikir dia sedang memakai sebuah t-shirt V-neck warna abu-abu?" 
JM: "lengan panjang!"
TH: "Aku berpikir pada diriku kalau dia ini buruk dalam berpakaian."
Q: "Trus apa kesanmu (Taehyung) pada Jimin saat melihat dia di video?" 
TH: "Di video pertama aku melihat Jimin melakukan popping, dan aku pikir, "Wow ~ dia sangat bagus dalam menari". Karena aku tidak bagus dalam menari."
JM: "Aku mendapat banyak perasaan berbeda, dia seperti seorang idol. Aku masih ingat bagaimana dia memakai underware merah."
TH: "Apa aku telanjang?" 
JM: "Menurutku dia sangat ganteng."

Q: "Bisakah kita membahas tentang keuntunganmu?" 
TH: "Keuntungan Jimin ...." (mikir keras)
JM: "Kenapa, kamu nggak bisa lihat keuntunganku?" (sambil ngakak)
TH: "Jimin adalah seorang pro! Seorang pro yang konsentrasi pada kerjaannya."
JM: "Oh ~ aku tidak bisa percaya kalau itu keluar dari mulut Taehyung."
TH: "Dan dia bagus dalam berpakaian hari-hari ini. Dia punya kaos yang style-nya aku suka. Itu berarti dia memiliki style yang bagus sekarang (tertawa) dan dia tidak punya apa pun yang merugikan."
JM: "Kepribadian, bagaimana dengan kepribadianku?" 
TH: "Kepribadian ... dia sedikit emosional? Selain itu tidak ada."
JM: "Keuntungan Taehyung adalah (sifat) tidak kenal takutnya. Dia memiliki banyak kepercayaan, dan dia memiliki banyak keuntungan lain tapi dia ganteng (tertawa) dia tidak pemalu, aku sangat mudah malu tapi Taehyung tidak seperti itu jadi dia bisa melihat hal-hal yang aku tidak bisa? Hal yang merugikan bisa jadi, dia mengatakan sesuatu dengan cara yang menjadikan orang-orang salah paham dan terluka karenanya bahkan jika itu bukan apa yang dia maksudkan, banyak kasus seperti itu. Itu sebenarnya bukan apa yang dia maksudkan ... tapi dia hanya melakukan itu pada kami (member). Di luar BTS, dia melakukannya dengan sangat baik (tertawa)."


Q: "Teman macam apa dirimu kepada satu sama lain?" 
JM: "Taehyung benar-benar seperti teman sesungguhnya sekarang? Sejujurnya dulu tidak pernah terasa seperti ini. Kami tidak bisa meletakkan semuanya dengan nyaman dan mengobrol tentang banyak hal. Aku membangun dinding di antara Taehyung dan aku, tapi Taehyung menghancurkan dinding itu pertama kali. Ah ~ aku tidak pernah berpikir akan mengatakan hal seperti ini di depannya..." (sambil tertawa)
TH: "Seperti Jimin bilang, kami tidak cukup dekat untuk membagi setiap hal pada satu sama lain. Di sekolah aku punya banyakteman yang seusia denganku selain Jimin dan aku memiliki teman-teman yang cocok denganku. Dia dan aku memiliki perbedaan kepribadian juga. Tapi ini adalah masa lalu, jika aku memiliki pembicaraan dalam/serius dengan seseorang maka akan bersama Jimin. Aku membagi banyak hal dengan Jimin yang tidak sanggup aku bicarakan dengan para hyung."
JM: "Kami akan banyak bertengkar di masa depan juga. Tapi sebanyak apa pun kami bertengkar, kami akan menjadi semakin dekat."

Q: "Taehyung, kamu bilang kalau kamu menulis surat tulisan tangan pada Jimin untuk hari ulangtahunnya, bagaimana kamu bisa menulisnya?"
TH: "Itu adalah pertama kalinya menulis surat. Aku suka mengatakan langsung secara personal ke orangnya daripada menulis surat. Tapi aku melihat bagaimana Jimin menulis surat tulisan tangan dan berpikir, "oh ini adalah cara lain yang bagus untuk mengekspresikan perasaanku," dan itu, "Aku akan menulis satu untuk hari ulangtahunnya juga," jadi aku menulis satu untuk dia."

Q: "Apakah kamu (Jimin) menulis sebuah respon untuk Taehyung?" 
JM: "Tidak, belum. Sejujurnya aku ingin menulis sebuah surat tulisan tangan untuk semua member. Aku melakukannya sejak akhir tahun, tapi itu sebenarnya sulit untuk dilakukan, karena kami tinggal bersama.... Tapi sebelum tour dilaksanakan aku menulis surat pendek pada Yoongi hyung. Aku tidak bisa menulis pada Hoseok hyung satu (surat) yang benar, tapi dengan singkat aku menulis, "Aku harap kamu tidak melukai dirimu sendiri selama world tour dan kamu melakukan dengan baik. Dan tolong jangan sakit," dan bilang "bleh." (pura-pura muntah gitu) (tertawa). 

Q: "Bagaimana/apa yang kalian pikir kalian mengisi kekurangan satu sama lain?"
TH: "Bagiku kekuranganku adalah tidak sanggup berbicara dengan baik! Jimin membantu banyak di sampingku."
JM: "Taehyung membantuku merasakan banyak emosi. Dia membantuku merasakan kemarahan besar yang tidak pernah mungkin kamu rasakan selama hidup (tertawa) dan juga banyak menyentuhku (secara emosional). Hal itu membuatku terkejut bahwa "Aku memiliki teman seperti ini!"

Q: "Pertanyaan terakhir, Taehyung/Jimin adalah jenis teman ini untukku!"
TH: "Hanya teman! Jimin adalah temanku!"
JM: "Tidak ada cara lain yang benar-benar mengekspresikan kata ini ... teman?!"



Q: "Ingat ketika Taehyung bilang dia cinta Hwarang hyungs dan Jimin marah? Apakah ada yang berubah setelah insiden itu?"
JM: "Aku bilang aku marah karena aku sebenarnya sungguh marah ketika dia bilang begitu. Aku selalu memberitahunya ini kapan pun dia bertemu dengan teman lain juga. Aku sangat marah." 
Q: "Bagaimana denganmu Taehyung? Jimin bilang dia sangat marah." 
TH: "Hwarang hyung sungguh mengekspresikan perasaan mereka dengan baik setiap waktunya. Aku mendengar hal-hal seperti, "Taehyung-ah aku sungguh mencintaimu" dengan cukup sering jadi itu menjadi sebuah kebiasaan untuk mengatakan "aku cinta kamu" pada mereka juga."
JM: "Ini bukan karena dia sering mendengar kata i love you sehingga dia melakukan itu ... ini karena Taehyung sangat lelah dan berusaha keras selama syuting. Jadi karena itulah kami banyak cemas dan peduli pada dia dan ini bukan berarti aku mendukung para member yang secara praktikal seperti keluarga bagiku mengharapkan apa pun sebagai imbalan, tapi karena dia yang hanya suka mengekspresikan perasaannya kepada hwarang hyungs, itulah alasan kami marah. Kau tahu kapan hal-hal yang tidak terlalu besar banyak mempengaruhimu?
TH: "Saat aku mencoba memberitahu para member-ku bahwa aku mencintai mereka (situasi) menjadi canggung (tertawa). Bangtan adalah keluargaku ... dan kau tahu bagaimana sulitnya bilang pada keluargamu kalau kamu mencintai mereka. Perasaan seperti itulah." (tertawa)
JM: "Aku mengerti apa yang coba dia bilang. Aku mengerti tapi aku tidak bisa membantu tapi merasa marah."
TH: "Tapi kamu bilang ini dengan sangat menggemaskan." (tertawa)
JM: "Ini tidak imut! Aku sungguh marah! aku tidak suka mengatakan hal-hal seperti ini di depanmu jadi tanyakan pertanyaan selanjutnya plis (tertawa) Ah, tapi aku tidak bilang aku tidak menyukaimu sekarang, aku hanya marah pada apa yang terjadi di masa lalu." 

Indo trans: Najla Al-faiq
Eng trans: @rosoidae 
TAKE WITH FULL CREDIT