[Cuap-Cuap Author] Ngeblog Karena Suga




Judul yang aneh wkwkw

Sebenernya aku lagi nggak ada kerjaan di rumah. Tugas kantor udah selesai, pingin nonton film males, berita terbaru BTS belum banyak, pokoknya gabut deh. Jadi aku memutuskan untuk nulis curhatan freak ini.

Aku itu udah ngeblog sejak SMP. Eh bukan SMP sih, aku MTS dulunya. MTS negeri tapi sekolahnya ada di desa, nggak keren wkwkw tapi sekarang udah keren sih, udah tingkat-tingkat nggak kayak jamanku dulu yang masih mode pembangunan.

Waktu itu aku diikutkan lomba jurnalis blog. Sebagai anak udik dari pelosok desa di Kasembon, Malang, aku tuh bisa dibilang kudet banget soal teknologi. Apalagi waktu itu aku belum punya laptop pribadi, hape aja bukan android kayak sekarang. Jadi aku ngga tahu menahu soal blog, but aku tahu betul soal jurnalis soalnya sejak kecil aku udah dibiasakan nulis-nulis gitu.




Nah, sama pak guru aku diajarin ngeblog. Awalnya ya buat blog dari blogger itu, cuma ‘kan desainnya sulit buanget. Gila! Trus akhirnya aku diajarin wordpress. Nah, aku langsung jatuh cinta sama wordpress soalnya dia gampang banget. Jadi ngga perlu otak atik HTML buat ganti desain blog. Sayangnya, waktu itu sama pak guru nggak diperbolehkan pake wordpress buat lombanya, tapi bodo amat sih. Toh aku cuma ngurusin bagian artikel-artikelnya doang, ‘kan aku ikut sebagai jurnalisnya.

Kembali ke topik, gara-gara pembelajaran blog yang mendadak itu, akhirnya aku penasaran banget sama yang namanya blog ini dan pingin banget buat blog sendiri. Dulu, karena belum ada laptop pribadi/wifi, aku pergi ke warnet depan sekolah. Seringnya sih tiap hari jum’at, ‘kan ngga penuh, soalnya yang cowok pada jum’atan jadi aku ‘kan bisa berlama-lama di warnet. Aku nyoba buat akun satu, akun gmail, trus dari satu akun itu kubuat buanyak blog. Bener-bener banyak, sampe-sampe aku bingung mau ngisi apa aja soalnya aku masih ngga punya pemikiran soal itu. Pokok buat blog dulu lah. Aku tuh nyoba-nyoba buat desain buat blogspot itu but aku nyerah T^T Akhirnya aku pindah ke wordpress dan sama kayak yang blogspot itu, buat satu akun trus bikin banyak blog. Mungkin sejak tahun 2014, aku mulai fokus sama satu blog doang. Itu blog yang sekarang udah ga bisa kubuka lagi gara-gara nomor hapeku hangus T^T Eman banget sumpah T^T itu postingannya udah buanyak dan trafficnya udah tinggi banget, kampret pokok. Aku kok ya geblek banget nggak ngecek nomor hapenya T^T kudunya begitu nomorku nggak aktif, aku harus langsung ganti nomornya di akun itu, but I forgot #RIPEnglish. Padahal, aku mau ikut lomba blog waktu itu, lomba blog pertama dan … yeah … akhirnya aku pake blog lama di blogspotku yang nggak pernah kulirik sama sekali.




Mungkin itu semacam hidayah … eh, apa ya, anugrah? Bukan bukan, hm … pokok itulah, aku lupa istilahnya. Jadi karena blog itu udah nggak aktif, aku pun mau ngelirik blogku yang lain. Ketentuan blog untuk lomba waktu itu tuh harus berumur kurang lebih setahun gitu trus postingannya minimal berapa gitu, lah yang blogspot ini udah setahun lebih tapi postingannya cuma 3 T^T oh my harteu, aku langsung nangis pas blogku yang itu ngga bisa dibuka. My precious blog, blog yang selama ini udah nemenin aku malang melintang di dunia kepenulisan #alay.

Tapi ya udah, lupakan.




Sebenernya begitu blog ku yang itu ngga bisa dibuka lagi, semangat nulisku mendadak ilang gitu. Aku kudu gimana? Akun buat posting fanfiction di blog ff juga yang itu. Trus kalo aku buat akun dengan nama yang sama, emangnya para pembacaku bakal tahu? Sumpah dilemma banget. Tapi, begitu aku inget alasan kenapa aku pingin ikut lomba blog itu, tiba-tiba aku jadi semangat.

Tahu gak apa alasannya? Yap! Baca aja judul tulisan ini :D Itulah alasanku yang sebenernya kenapa aku sampai nangis karena blog kesayanganku yang udah rest in peace itu. Suga. Tahu Suga? Suga itu yang ada di wallpaper blog ini wkwkw Becanda. Suga itu adalah member BTS aka Bangtan Boys yang posisinya itu sebagai rapper. Nggak ada yang spesial emang dari fisiknya itu. Gak begitu cukup dikenal juga di kalangan K-popers. Tapi, dia bisa bikin orang yang dulunya pemales kayak aku mendadak punya semangat 45!


 Suga (depan) & V (belakang)


Awalnya aku ngga peduli emang sama si Suga ini. Yang kupedulikan di BTS cuma V doang, soalnya dia yang paling ganteng. Tapi, pas bulan Agustus, beberapa hari sebelum hari ulangtahunku, aku denger kalo Suga ini bakal ngerilis Mixtape pertamanya. ‘Kan aku jadi penasaran, trus akhirnya kepoin dia mulu.

Sekali kepo langsung jatuh cinta. Itu aku banget.

Aku ngga fallin in love sama dia gara-gara dia ganteng, bukan. Dia bahkan ngga ganteng-ganteng amat menurutku kalo dibanding V, Sehun, atau siapalah itu. Aku suka dia karena dia punya kepribadian yang wah … dan aku makin cinta begitu tahu kisah perjalanan hidupnya, dari seorang Min Yoongi yang biasa-biasa aja sampe sekarang jadi seorang Min Suga yang udah sukses banget.

Agustus tahun kemarin itu adalah ulangtahunku yang ke-18. Entah takdir atau gimana ya, tanggal 15 Agustus malem, Suga tiba-tiba ngerilis Mixtape-nya. Tau nggak sih, gimana perasaanku yang waktu itu baru awal-awal ngebias Suga? Seneng? Ya, buanget malah. Kayak dikasih hadiah gitu. Mungkin aku emang alay, but aku serius. Pingin nangis gitu T^T Mungkin emang kayak gitu ya yang namanya cinta wkwkw Hal kecil aja udah bikin seneng.




Sebenernya Mixtape bagi seorang rapper itu hal biasa. Bahkan Rapmon aja udah duluan ngerilis Mixtape. Tapi, feeling-nya beda gitu. Isi mixtape-nya Suga itu sanggup ngaduk-ngaduk perasaan orang. Di MV Agust D dia kayak bad boy banget, udah kata-katanya pada begitu, mana liriknya yang banyak ngediss orang. Pokok wild banget lah. Begitu denger yang The Last sama So Far Away, udah deh, nangis wkwkw Liriknya itu loh, di The Last, dia nyeritain seberapa kerasnya dia berjuang buat sampe jadi kayak gini. Sampe dibawa ke psikiater segala sama orangtuanya gara-gara dia tuh depresi banget gitu sama mimpinya. Pokok, menyentuh sangat deh.








Lah, karena Mixtape-nya itulah, aku juga pingin kayak dia. Mungkin pas aku masih sekolah gitu, aku nggak akan mikir soal masa depanku bakal jadi kayak gimana. Ya kayak pemikiran orang-orang gitu, “halah nanti kalo udah lulus SMA ya langsung kuliah, trus setelah sarjana langsung dapet kerja”. Iya kalo duitnya ada -_- kadang tuh anak-anak sekolah ngga mikir gimana sulitnya nyari duit buat biaya sekolah. Orang-orang yang ngomong kayak gitu tuh, biasanya emang anak mama, maksudnya, dia kuliah ngandelin duit ortu. Sama sekali nggak mikir kemungkinan lain. Salah satunya aku. Aku baru mikir kemungkinan lain begitu lulus dari SMA.

Sebagai anak yang udah usia 18 tahun, yang udah dapet KTP lah katakanlah, udah dianggep dewasa di Indonesia, aku ya … ngerasa ngga guna banget kalo kuliah tuh ngandelin duit ortu. Malu. Katanya dewasa, tapi masih ngandelin duit ortu. ‘Kan gimana gitu. Trus aku pun mikir caranya buat menghasilkan uang. Yah … meskipun nggak banyak, sekiranya bisa lah dibuat beli kebutuhan sendiri kayak pulsa, alat mandi, kosmetik, dll. Trus, aku nekat ikut lomba blog.




Sayangnya, sampai detik ini belum ada satu pun yang menang :”) Sedih. Tapi aku bahagia meskipun sedih. Karena apa? Itu tuh kayak pengalaman. Mungkin aku belum menang karena emang bahasaku masih terlalu kaku, mungkin juga karena masih belajar, atau mungkin ada kehendak Allah SWT yang lain. Semua ada hikmahnya kok, dan aku nggak nyesel begitu kalah setelah menghabiskan waktu buat mikir. Pengalaman itu penting, jadi kalah di awal perjuangan itu udah biasa.

Ngeblog selain sebagai kesenangan, juga sebagai ajang pembelajaranku buat makin berpengalaman dalam dunia menulis. Selagi blogspot masih ada yang gratis wkwkw Dipergunakan aja, siapa tahu rejeki orang tuh beda-beda. Sekarang mungkin belum menghasilkan, tapi nanti, Insyallah ada orang yang mau ngelirik tulisanku trus didebutkan jadi content writer secara mayor. Mimpi yang kecil sih, tapi, efeknya besar banget buat aku.





Cuma, aku nggak mau berharap terlalu tinggi. Kenapa? Sebagaimana pengalamanku selama ini, berharap terlalu tinggi itu hanya akan membuahkan kecewa aja. Dan kecewanya itu sumpah bikin sakit #alay. Dan aku makin setuju sama formulaku ini begitu suka sama Suga. Dia nggak berharap tinggi, dia nggak berharap jadi seorang Suga yang kini namanya dikenal di seluruh penjuru dunia. Dia cuma berharap, musiknya itu bisa didengar semua orang. Sebagai song producer & song writer, harapan seperti itu emang biasa tapi efeknya emang besar buat si penciptanya.




Ya, seperti Suga, aku juga cuma pingin orang-orang tahu kalau aku bisa nulis. Aku pingin mereka bisa terinspirasi karena tulisanku. Menjadi terkenal seperti JK Rowlings contohnya, itu terlalu tinggi. Aku nggak mau kecewa. Karena biasanya, harapan yang terlalu tinggi itu cuma muncul karena keinginan semata, semata-mata ingin populer misalnya. Jadi, rasa puasnya itu kayak nggak ada. Mesti pingin yang lebih, lebih dan lebih, trus endingnya nggak bahagia. Aku nggak mau yang kayak gitu :D Bisa stress akunya, soalnya itu ngga baik untuk kesehatan psikis.

Oke deh, karena udah terlalu panjang, aku akhiri sampai sini aja *udah disuruh masak nasi*. Akhir kata, makasih bagi yang udah baca. Jangan nyesel baca curhatan freak-ku wkwkw Semoga tulisan ini bisa menginspirasi para remaja di seluruh Indonesia ^^