Review Film Korea Star Next Door (2017)


Halo! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga bahagia dan sehat ya, amiin. Nah, kalau kamu baca kalimat pembuka barusan, berarti kamu udah nyasar ke artikel ini dan secara otomatis bakal baca sampai habis artikel ini, ya gak?

Oke, hari ini aku mau ngereview film Korea berjudul Star Next Door. Udah pada nonton belum? Hm, kemungkinan, kamu di sini karena belum nonton dan pingin tahu sedikit spoilernya, atau justru udah nonton tapi masih nggak paham dengan jalan ceritanya. Mau sisi yang mana kamu sekarang, tuntasin aja artikel ini sampai ke akar-akarnya yuk!


baca juga: Fakta BTS Update Juli 2018 #1

Dari judulnya adakah yang sudah menebak fokus cerita film ini? Star Next Door, Tetangga Bintang? Masa iya tetanggaan sama bintang? Kan bintang itu tinggalnya di langit. No, guys. Bukan itu maksudnya. Inti dari judulnya adalah film ini akan menceritakan tentang bagaimana sih rasanya bertetangga dengan seorang artis. 


Jadi seorang artis bernama Han Hyemi, tinggal di suatu unit apartemen yang bersebelahan dengan tempat tinggal si tokoh utama yakni pelajar SMP bernama Han So Eun. Di pembukaan film, kita akan diperkenalkan dengan siapa Han Hyemi itu. Dia adalah seorang artis tenar Korsel yang debut di usia 19 tahun dan saat ini (di filmnya) udah berusia hampir 40 katakanlah, tapi masih cantik banget. Han Hyemi ini diperankan oleh aktris Han Chae Young. 

baca juga: Review Film 12 Feet Deep (2017)

Nah, Hyemi baru aja kena skandal kencan dengan seorang idol bernama Jihoon, yang apesnya adalah idola dari So Eun. Setelah tahu kabar itu, So Eun dkk melancarkan aksi bullying Hyemi di sosial media. Dan Hyemi tahu kalau itu adalah ulah So Eun sehingga So Eun pun menerima SMS bahwa dia dituntut ke pengadilan atas tindakan pencemaran nama baik. 

So Eun yang tahu itu pun protes ke Hyemi karena cuma dia doang yang dituntut padahal temen-temennya juga ikut nge-bully. Hyemi juga ikut protes karena So Eun membocorkan rahasianya kalau dia pernah operasi payudara. Mereka saling beradu argumen di apartemen So Eun, dan itu membuat nenek So Eun geleng-geleng heran. 

Kok Hyemi bisa mampir ke apartemen So Eun? Di awal cerita kamu pasti mikirnya, “Ah kan mereka itu tetanggaan, jadi wajar”. Dan kamu juga pasti ngira kalau nenek So Eun itu adalah ibu So Eun yang sebenernya karena aku pun awalnya mikir gitu. 

baca juga: Review Film Jumanji: Welcome To The Jungle (2017)

Cerita pun berlanjut. Akibat skandalnya dengan Jihoon, seorang reporter yang terkenal membuat berita-berita ekslusif para artis pun berusaha menguak rahasia Hyemi. Dia sedang mengintai apartemen Hyemi saat tanpa sengaja dia melihat Hyemi sedang di apartemen So Eun, ikut merayakan ulang tahun nenek So Eun. Reporter ini pun mulai mengikuti So Eun ke mana-mana untuk mencari tahu lebih dalam tentang hubungan So Eun dengan Hyemi. 

Di sini, si sutradara seolah menempatkan penonton pada posisi reporter. Kita juga akan dibuat penasaran sebenernya apa sih hubungan mereka? Kok mereka kelihatan deket banget. Apa jangan-jangan saudara?


Tapi di sini kita pun dikasih banyak clue. Setiap kali menyinggung soal ibu, So Eun pasti menjadi pihak yang paling pesimis. Di saat temen-temennya ngeluh karena ibunya sering marahin hal-hal kecil, So Eun justru bilang kalau dia pingin punya ibu yang kayak gitu, karena tandanya si ibu perhatian. Dan di saat So Eun dkk dipanggil ke ruang guru, So Eun memberikan nomor Hyemi sebagai nomor telepon walinya. 

baca juga: Review Film Jurassic World: Fallen Kingdom (2017)...

So, udah kelihatan kan siapa Hyemi itu? 

Tapi cerita belum berakhir setelah ketahuan status Hyemi. Masih ada banyak kendala. Diantaranya Jihoon dan So Eun yang nggak sengaja ketemu saat Jihoon akan ke apartemen Hyemi, dan si reporter yang akhirnya berhasil membuat artikel tentang status Hyemi usai ia mendapatkan rekaman suara So Eun yang menyatakan secara jujur kalau Hyemi adalah ibunya saat ia bermalam di rumah temennya. 


Lalu gimana akhirnya? Apa Hyemi bakal mengakui ke publik secara resmi ataukah tetap menutupi status mereka seperti biasanya? 

Tonton aja yuk wkwkwk. Yang udah nonton pasti udah ngerti. 

Rating film ini buatku 9,7. Fokus ceritanya unik. Nggak fokus ke cinta cintaan, lebih kepada hubungan kekerabatan. Meski Hyemi kelihatannya nggak mengakui So Eun adalah anaknya, tanpa So Eun tahu, Hyemi sebenarnya peduli. Setiap kali dia dapet bingkisan dari job-nya, pasti dikasihkan ke So Eun. Dan So Eun sendiri, walaupun agak kecewa dengan ibunya yang nggak terlalu perhatian, sebenernya dia juga sayang. Terbukti dengan So Eun yang berusaha melindungi Hyemi tiap kali Hyemi tertangkap publik. 

Pokoknya tonton ajalah untuk lebih tahunya. 

Sekian. Makasih.

sumber foto: asianwiki.com