Review Drama ‘The Player’ (2018)


Halo eferibadeh! Di sini aku mau me-review K-Drama yang lagi ongoing nih. Judulnya ‘The Player’, yang genrenya action. 

Sebenernya aku bukan pecinta genre action sih, cuma karena aku lagi bosen banget sama genre romansa, akhirnya aku menjatuhkan pilihan pada genre action. Sewaktu searching di situs streaming online, aku tertarik sama drama yang berjudul ‘The Player’. Dari namanya, kupikir itu tentang playboy/playgirl gitu. Eh ternyata, baru di episode 1 aja udah disuguhin adegan-adegan menegangkan yang bikin deg-degan. Nyaris mirip dengan ‘Signal’ tapi menurutku ‘The Player’ nggak horor-horor amat. 


Jadi drama ini menceritakan tentang tim yang terdiri dari penipu ulung, hacker, seorang fighter dan driver andal yang membantu kejaksaan dalam menuntaskan kasus kejahatan para pejabat. Kasus utama yang dibahas di sini adalah korupsi, tapi masih banyak kasus lain seperti pembunuhan, pemerkosaan, suap dll yang ikut mengiringi kasus ini. Para pelaku kejahatan hampir seluruhnya dari pejabat bahkan ada juga yang dari kejaksaan dan kepolisian. Sementara seorang jaksa bernama Jaksa Jang yang menjunjung tinggi hukum dengan tidak menerima suap dalam bentuk apa pun dari pejabat, berusaha keras membongkar kejahatan para pejabat dengan meminta bantuan tim itu. 

baca juga: Review Film Korea Star Next Door (2017)

Awalnya aku pesimis bakal suka drama ini. Tapi semenjak aku tahu kalau ada mbak Krystal di sini, yang berperan jadi driver andal, langsung deh aku maraton 8 episode selama 2 hari. Aku nggak kenal siapa aja aktornya, tapi aku suka aja setiap kali disisipin adegan lucu antara si hacker sama fighter. Action-nya ada, bromance-nya ada, lucunya ada, romansanya juga ada. Tapi karena drama ini lebih berfokus pada tema menuntaskan kejahatan, jadi romansanya cuma secuil. 


Menurutku ide drama ini kreatif banget. Maksudnya gini, jarang gitu konsep di mana orang-orang jahat justru bisa membantu pihak kejaksaan. Di sini kan kelihatan banget kalau Kang Hari, si penipu ulung ini punya nama banyak banget bahkan dia suka berpura-pura menjadi seorang detektif. Namanya penipu ulung kan ya, jadi pastinya imej-nya adalah ‘orang jahat’. Nggak cuma si penipu doang, bahkan di tim ini juga ada hacker yang bisa meretas device apa pun, trus seorang fighter yang bisa menghabisi sekelompok orang sendirian dengan tangan kosong, bahkan driver ugal-ugalan yang dulunya pernah bekerja sebagai pencuri. 

baca juga: Review Film Jumanji: Welcome To The Jungle (2017)

Kenapa jaksa Jang malah meminta bantuan mereka untuk menyelesaikan kasus kejahatan para pejabat? 

Kalau kulihat dari 8 episodenya, kayaknya si Kang Hari itu ada hubungan sama Jaksa Jang di masa lalu. Ini kesimpulanku aja sih, kayaknya atasan Jaksa Jang yang mati dibunuh itu adalah ayahnya Kang Hari. Soalnya Kang Hari ini punya foto yang sama dengan foto di kantornya Jaksa Jang yang mana Jaksa Jang lagi berfoto sama atasan Jaksa Jang yang udah mati itu. 

baca juga: Review Comedy Romance Drama; “Ho Goo’s Love” (2015)

Bahkan sebelum jaksa Jang meminta bantuan tim itu, tim itu udah ngebantu jaksa Jang untuk dapetin bukti-bukti kejahatan yang tak terbantah. Malah Kang Hari sendiri yang datang ke rumah Jaksa Jang untuk mengajak kerja sama, dengan syarat Kang Hari bisa ngambil semua uang tunai yang dia temukan sewaktu penyelidikan. Awalnya Jaksa Jang nolak, tapi setelah dia diremehkan oleh atasannya karena nggak bisa dapet bukti yang tak terbantahkan, alhasil Jaksa Jang pun menerima kerja sama dengan timnya Kang Hari. 

Dan begitulah, kemudian Jaksa Jang pun bekerja sama dengan tim ‘The Player’ untuk menuntaskan korupsi berantai yang dilakukan oleh para pejabat. 

Kalau aku disuruh membandingkan drama ini dengan ‘Signal’, kayaknya jauh deh. ‘Signal’ itu lebih berfokus pada kasus-kasus nyata yang pernah terjadi di Korea Selatan, sedangkan ‘The Player’ menggunakan kasus-kasus buatan. Tapi secara ide, menurutku bagus dan kreatif banget. Konsepnya kayak Robin Hood, melakukan kejahatan demi kebaikan. 

Dari 1 sampai 10, kukasih drama ini rating 9. Realistis aja, nggak mudah bikin cerita kayak gini. Butuh riset yang panjang dan mendalam, apalagi kalau yang dibahas soal hukum. 

So, bagi kamu yang lagi nyari rekomendasi drama Korea bergenre action, tonton aja drama ini. Dijamin seru dan nggak mengecewakan. Sekian.